Selasa, Juni 18, 2024
spot_img

Gempa Bumi Guncang Bandung Jawa Barat dengan Kekuatan 5,2 Magnitudo

Daerah, Lokacita: Warga di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, dikejutkan dengan kejadian gempa bumi yang memiliki kekuatan mencapai 5,2 magnitudo.

Guncangan ini dirasakan pada Sabtu (18/11) sekitar pukul 06.34 WIB. Informasi ini diperoleh dari laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Dilaporkan bahwa gempa yang terjadi di wilayah Kabupaten Bandung ini berlokasi sekitar 97 kilometer di barat daya wilayah tersebut, tepatnya berada pada koordinat 7.86 LS, 107.27 BT.

Getaran yang cukup kencang ini juga dirasakan di beberapa daerah lain di Jawa Barat, termasuk Garut, Tasikmalaya, dan Ciamis dengan skala MMI III.

Dilansir dari Liputan6, BMKG menjelaskan bahwa guncangan ini terjadi pada kedalaman 21 kilometer dan tidak berpotensi mengakibatkan tsunami. Namun, warga tetap diimbau untuk tetap waspada terhadap potensi gempa susulan yang mungkin terjadi.

Tips menghadapi gempa susulan

berikut adalah beberapa tips yang bisa anda coba untuk menghadapi gempa susulan:

1. Tetap Tenang dan Berlindung

Hal yang paling penting adalah tetap tenangdan segera mencari tempat yang aman seperti di bawah meja atau struktur bangunan yang kokoh untuk melindungi diri dari puing-puing yang mungkin jatuh.

2. Hindari Bangunan Rusak

Jika Anda berada di dekat bangunan yang telah rusak akibat gempa sebelumnya, lebih baik menjauh dan mencari tempat yang lebih aman. Bangunan yang telah terdampak gempa dapat menjadi lebih rapuh dan berpotensi roboh jika terdapat susulan.

3. Periksa Kondisi Sekitar

Setelah gempa mereda, periksa sekitar Anda. Waspadai bahaya potensial seperti kebakaran, kebocoran gas, atau puing-puing yang bisa membahayakan.

4. Pertahankan Komunikasi

Pastikan untuk tetap berkomunikasi dengan keluarga dan teman-teman, terutama jika terpisah selama keadaan darurat. Hal ini penting agar dapat memastikan keamanan dan kondisi satu sama lain.

5. Persiapkan Perlengkapan Darurat

Lakukan antisipasi dengan menyiapkan perlengkapan darurat seperti air bersih, makanan siap saji, peralatan medis, serta pakaian dan perlengkapan lain yang dibutuhkan dalam situasi darurat. Hal ini bisa membantu Anda bertahan saat terjadi gempa susulan.

6. Ikuti Arahan dari Otoritas Lokal

Dalam situasi genting tersebut, penting untuk mengikuti arahan dari otoritas setempat atau tim penanggulangan bencana.

Informasi terkini dan arahan dari pihak berwenang dapat membantu Anda mengambil tindakan yang tepat dan aman.

Sejauh ini belum ada laporan adanya gempa susulan dari BMKG, kendati demikian semoga informasi diatas dapat membantu.

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru