Kamis, Mei 23, 2024
spot_img

Gempa Terkini Mengguncang Jawa Barat, Simak Penjelasannya

Nasional, Lokacita: Gempa terkini sedang terjadi. Info gempa terkini sudah tersebar di berbagai media sosial. Melansir dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah tercatat adanya gempa bumi pada 5 Desember 2023, tepatnya di Jawa Barat.

Menurut akun X @infoBMKG dan laman dari BMKG ternyata gempa terkini yang terjadi di Jawa Barat ini memiliki pusat gempa di garut pada pukul 16.13 WIB.

Gempat yang terjadi di Garut ini mempunyai kekuatan gempa 3.5 magnitudo. Selain itu, BMKG mengatakan bahwa episenter gempa terletak pada koordinat 7.23 lintang selatan dan 107.73 bujur timur.

Hal ini kurang lebih 18 km barat daya dari daerah Garut, Provinsi Jawa Barat, dan dengan kedalaman 5 km. BMKG mengatakan kembali ada beberapa wilayah yang turut merasakan gempa bumi 3.5 Magnitudo ini.

“Gempa bumi terupdate, kekuatan gempa yang sedang terjadi 3.5 magnitudo. Terjadi Selasa, 5 Desember 2023, pada pukul 16.13,” tulis BMKG

BMKG pun menuliskan lokasi koordinat gempa 7.23 lintang selatan dan 107.73 bujur timur. Pusat Gempa juga dituliskan berada 18 km Barat Daya dari Garut, Jawa Barat dengan kedalaman 5 km.

Guncangan dari gempa terkini Garut ternyata telah dirasakan juga di beberapa daerah Jawa Barat, meliputi Majalaya, Kertasari, Ciwidey, Balegede, dan Rancabali.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mengatakan bahwa untuk masyarakat yang terkena gempa harus hati-hati. Apalagi gempa yang dirasakan terus-menerus.

BMKG menyarankan ada kemungkinan gempa susulan yang akan terjadi. Untuk itu bagi para masyarakat harus berhati-hati saat aktivitas di luar ruangan. Jangan berlindung di pohon besar karena dapat tertimpa pohon.

Tidak perlu panik saat terjadi gempa. Apabila sedang beraktivitas di dalam ruangan dan terjadi gempa segera berlari ke area terbuka.

BMKG juga menyarankan untuk tidak menggunakan lift dan menggunakan tangga darurat apabila sedang berada di ruang publik, seperti supermarket, pasar, dan sarana olahraga serta bermain anak.

Sampai saat ini belum diketahui kerugian serta dampak yang ditimbulkan dari gempa bumi yang terjadi di Garut, Jawa Barat dengan kekuatan gempa 3,5 magnitudo.

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru