Senin, Juni 17, 2024
spot_img

Kabupaten Ciamis Ikut Gerakan Global Switch Off, Tatar Galuh Akan Gelap Selama Satu Jam

Daerah, Lokacita: Pada malam ini, Kabupaten Ciamis akan menjadi saksi gelap gulita selama satu jam dalam upaya mendukung lingkungan sebagai bagian dari Gerakan Global “Switch Off”.

Gerakan yang dilaksanakan pada Sabtu, 23 Maret 2024, ini bertujuan untuk mengurangi emisi karbon dioksida yang berkontribusi pada pemanasan global.

Penetapan ini didukung oleh surat edaran yang dikeluarkan oleh Bupati Ciamis nomor 600.4.19/763-DPRKPLH.05/2024, menandai komitmen dan partisipasi dalam Gerakan Global Switch Off Earth Hour 2024.

Sejak berawal dari ide sederhana di Sydney, Australia, pada tahun 2007, gerakan ini telah menjadi fenomena global yang melibatkan jutaan orang di seluruh dunia, termasuk Kabupaten Ciamis.

Taufik Gumelar, Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Ciamis, menjelaskan bahwa Gerakan Earth Hour adalah kegiatan tahunan yang diadakan setiap bulan Maret, khususnya pada Minggu ke-3.

Masyarakat Kabupaten Ciamis didorong untuk aktif dalam gerakan ini dengan mematikan lampu dan peralatan elektronik tidak digunakan dari pukul 20.30 hingga 21.30 WIB.

“Ini sejalan dengan misi Bupati Ciamis untuk memanfaatkan Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup secara bijaksana guna mendukung pembangunan berkelanjutan, sambil membangun kesadaran kolektif dalam melindungi bumi,” ujar Taufik.

Dengan tema “Berikan Satu Jam untuk Bumi”, partisipasi masyarakat Ciamis bukan sekadar simbolis, melainkan langkah konkret dalam mendukung upaya global mengurangi emisi CO¬≤.

“Partisipasi ini menunjukkan kepedulian kita pada bumi dalam menghadapi perubahan iklim, dan cinta kita pada bumi dengan tindakan kecil yang berdampak besar bagi kehidupan manusia,” tambahnya.

Taufik Gumelar mengajak seluruh masyarakat untuk bersatu dalam mensukseskan agenda kampanye global tersebut.

“Setelah Sholat Taraweh, besok malam, mari kita sukseskan gerakan ini sebagai bentuk rasa cinta kita pada bumi,” ungkapnya.

Partisipasi Kabupaten Ciamis dalam Gerakan Global “Switch Off” menandai kesadaran yang semakin meningkat akan pentingnya pelestarian lingkungan dan perlindungan bumi bagi generasi mendatang.

EditorHilmi

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru