Senin, April 15, 2024
spot_img

Kuatkan Orang Tua Anak Disabilitas, Dinsos Ciamis Gelar Bimbingan di SLB Budi Bakti

Daerah, Lokacita: Dinas Sosial (Dinsos) Ciamis menggelar bimbingan kepada orang tua yang memiliki anak disabilitas di SLB Budi Bakti, Kawali pada Kamis (07/03/2024).

Kepala Dinsos Ciamis, Eka Permana Oktaviana yang diwakili oleh Dede Saepulloh selaku Pendamping Rehabilitasi Sosial merasa kegiatan seperti ini penting untuk dilaksanakan.

“Alasannya, masih ada di lingkungan masyarakat kita yang menganggap penyandang disabilitas itu merupakan sebuah aib,” ungkapnya.

Dengan mengangkat tema Pemberian Bimbingan Fisik, Mental, Spiritual dan Sosial bagi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) Tahun Anggaran 2024, kegiatan tersebut diikuti oleh 25 orang tua.

Dede menambahkan bimbingan tersebut digelar agar orang tua anak memiliki jiwa yang kuat dan semangat yang besar untuk mendidik dan merawat anak-anaknya.

“Biasanya, orang tua atau keluarga akan merasa minder karena memiliki anak disabilitas. Sehingga dalam pola asuh akan tidak maksimal contohnya anak akan lebih banyak dikurung di dalam rumah, ” kata Dede.

Dalam kegiatan tersebut para orang tua diberikan materi seputar mempersiapkan mental, fisik, dan aspek spritual untuk agar menjadi sosok yang kuat dalam mengasuh anak disabilitas.

“Itu semua harus dipersiapkan, karena di lingkungan kita masih ada yang memberikan stigma anak disabilitas itu tidak normal,” ungkapnya.

Penyandang disabilitas menurut Dede sangat membutuhkan sosok panutan yang menjadi orang pertama dalam menerima kondisi mereka.

“Orang tua dan keluarga harus menjadi yang pertama dalam menerima apapun kondisi mereka,” kata dia.

Meski tidak mudah, Dede berharap kepada para orang tua dan keluarga harus manjadi panutan untuk anak-anak. Menurutnya kesiapan aspek fisik, mental, dan spiritual menjadi kunci keberhasilan dalam merawat anak disabilitas.

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru