Kamis, Mei 23, 2024
spot_img

Mahasiswa IPB Bantu Kembangkan Strategi Pemasaran Digital Produk UMKM di Bogor

Daerah, Lokacita: Beberapa mahasiswa jurusan Komunikasi Digital dan Media SV Institut Pertanian Bogor (IPB) sukses bantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Kelompok mahasiswa yang beranggotakan Raisya H. Fajri, Firyal Alfairuz Sabya, Fadhila Faella Sufa, M. Ghaza Abyan, dan Tafuzi Fauriana berhasil memberikan dampak positif dari tugas kuliah yang mereka kerjakan.

Tugas kuliah yang dimulai sejak 07 November 2023 ini aktif membuat branding salah satu UMKM di Kota Bogor yaitu Tri.Crochet.

Kelompok mahasiswa ini membantu urusan branding Tri.Crochet di media sosial. Mereka aktif melakukan branding di platform instagram.

Tafuzi Faurina mahasiswa smester tiga dan juga selaku ketua kelompok menyembutkan langkah ini diambil sebagai bagian dari tugas kuliah dan sebagai bentuk pengabdian.

“Dimulai dari tugas dan memberikan kontribusi sebagai bentuk pengabdian dengan membantu UMKM Tri.Crochet ini,” ungkap Tafuzi.

Tafuzi kembali membeberkan dalam perjalanan melaksanaka tugas ini, pelaku UMKM Tri.Crochet diberikan penjelasan mengenai tata cara melakukan branding di media sosial.

“Mulai dari pemasaran, pembuatan konten promosi yang menarik, teknik content writing yang kreatif hingga perencanaan untuk melakukan periklanan di media sosial,” ungkapnya.

Tak lupa kelompok mahasiswa dari IPB ini memberikan pengertian mengenai fitur periklanan di media sosial seperti Instagram Ads, TikTok Ads, dan Facebook Ads sebagai media promosi produk usaha.

Dalam penugasan, kelompok mahasiswa dari IPB memfokuskan pada branding produk usaha Tri.Crochet di Instagram.

“Kami juga menyusun strategi untuk mempercantik tampilan instagram Tri.Crochet dan meningkatkan eksposur bisnis secara berlala,” kata Tafuzi saat dihubungi via WhatsApp.

Menurut Tafuzi langkah tersebut diambil sebagai upaya untuk memberikan daya tarik agar meningkatkan interaksi dengan pelanggan dari media sosial.

Sementara itu, M. Ghaza Abyan ikut menjelaskan mengenai tugas kelompok yang mereka kerjakan bersama.

Menurut Ghaza, selain melaksanak tugas kuliah, para mahasiswa sangat antusias karena bisa membantu dan terlibat secara langsung dengan pelaku UMKM.

“Selama menjalani tugas ini, Tri.Crochet berhasil mengalami peningkatan dengan melakukan strategi branding,” ungkap Ghaza.

Ghaza berharap dengan keberhasilan tersebut, pemilik usaha dapat konsisten melakukan strategi pemasaran digital pada produk usahanya.

“Dengan demikian, inisiatif ini tidak hanya berhasil sebagai tugas akademis saja, melainkan sebagai langkah nyata dalam membantu UMKM untuk terus tumbuh dan berkembang melalui penguatan branding di era digital ini,” tegas Ghaza.

Sementara itu, pemilik usaha Tri.Crochet, Ibu Tri menyampaikan apresiasi terhadap para mahasiswa dari jurusan Komunikasi Digital, dan Media SV IPB.

“Kolaborasi ini bukan hanya memuaskan, tetapi juga memberikan pengetahuan baru untuk kami para pelaku usaha,” ungkap Ibu Tri.

Ibu Tri kembali mengungkapkan dengan bantuan para mahasiswa dalam branding produk Tri.Crochet bisa membuka peluang melalui pemasaran digital untuk pertumbuhan bisnis.

“Inisiatif semacam ini menjadi contoh bagaimana sinergi antara dunia pendidikan dan UMKM dapat menciptakan dampak positif yang nyata dalam memajukan bisnis lokal,” tegas Ibu Tri.

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru