Sabtu, Mei 18, 2024
spot_img

Sambut Ramadhan, Bakesbangpol Ciamis Bersih-Bersih Tempat Ibadah di Kampung Kerukunan

Ciamis, Lokacita: Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Ciamis menjaga tradisi beberesih tempat ibadah di Kampung Kerukunan, Jum’at (08/3).

Tradisi yang dilakukan oleh Bakesbangpol Ciamis ini merupakan agenda rutin yang selalu dilaksanakan setiap tahunnya menjelang bulan Ramadhan.

Kabid Idwasbang dan Ketahanan Ekososbudag Bakesbangpol Ciamis itu berharap, kegiatan baik seperti beberesih ini bisa berjalan setiap tahunnya di Kampung Kerukunan.

“Semoga tradisi yang baik ini tidak terputus, sehingga bisa dilaksanakan setiap tahunnya menjelang bulan Ramadhan,” harap Wiji.

Tradisi beberesih ini digelar sudah tiga kali berturut-turut sejak Kampung Lebak ditetapkan sebagai Kampung Kerukunan pada tahun 2022.

Dia mengatakan  bahwa ini agenda kebersamaan beberesih bersama warga di kampung kerukunan diagendakan setiap tahun.

“Kegiatan beberesih lingkungan ini juga sebagai simbol membersihkan diri dan juga mungahan kita ya menjelang bulan Ramadhan,” pungkasnya.

Wiji Subekti, S.E selaku Kabid Idwasbang dan Ketahanan Ekososbudag Bakesbangpol Ciamis mengungkapkan kegitan ini merupakan kegiatan yang selalu digelar setiap tahunya.

“Kegiatan beberesih yang digelar oleh kami adalah tradisi yang dilakukan setiap tahunnya menjelang bulan Ramadhan,” ungkapnya.

Dia menambahkan, tujuan dari diselenggarakannya beberesih ini adalah sebagai bentuk silaturahmi warga Ciamis khususnya yang ada di kampung kerukunan.

“Kegiatan beberesih ini bertujuan untuk mempererat silaturahmi masyarakat Ciamis, khususnya masyarakat kampung kerukunan yang berbeda agama dan etnis,” tambahnya.

Wiji menerangkan, bahwa kegiatan tersebut dalam upaya mewariskan narasi positif kepada generasi penerus.

“Kita ingin menunjukkan narasi positif kepada anak cucu nantinya bahwa masyarakat Ciamis meskipun berbeda agama dan etnisnya tetaplah bersatu,” terangnya.

Peserta yang hadir pada kegiatan beberesih diantaranya adalah unsur Polsek, Koramil, Sat Bimas Polres, Dispar, Kemenag, Kelurahan, Kecamatan, FKUB, MUI, GOW, FPK, Perwakilan GKI, PPWK, Tim Ungu DPRKPLH, Gereja Pantekosta, FKDM, Tokoh Agama, PPI, tokoh dan masyarakat kampung Lebak.

Kegiatan beberesih ini dilaksanakan diberbagai tempat, diantaranya Gereja St. Yohanes Pembaptis, Masjid Al-Mujahidin, Makin Ciamis dan Klenteng Hok Tek Bio.

Serangkaian kegiatan yang sukses digelar oleh Bakesbangpol Kabupaten Ciamis ini ditutup dengan makan bersama dengan semua peserta kegiatan beberesih di Kampung Kerukunan.

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru