Senin, April 15, 2024
spot_img

Tingkatkan Kemampuan Warga Disabilitas, Dinsos Ciamis Adakan Seleksi Peserta Pelatihan

Daerah, Lokacita: Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Ciamis menggelar seleksi untuk peserta pelatihan bagi warga disabilitas pada Selasa (06/02/2024).

Seleksi tersebut untuk assessment tuna rungu dan tuna wicara yang akan diikutkan mengikuti pelatihan selama enam bulan di Sentra Terpadu Intan Suweno, Bogor.

Hal tersebut diungkapkan oleh Pendamping Rehabilitasi Sosial (Rehos) Dinsos Ciamis, Dede Saefulloh. Menurutnya seleksi tersebut dilakukan untuk mencari warga disabilitas Cimias yang memiliki bakat untuk diasah kembali.

“Seleksi ini dilaksanakan untuk mencari tiga orang warga disabilitas untuk diikutkan mengikuti pelatihan keterampilan di Bogor,” ungkapnya.

Pria yang akrab disapa Dede tersebut menuturkan jika pelatihan tersebut sangat bagus agar warga disabilitas di Kabupaten Ciamis bisa berdaya dan mandiri.

“Pelatihan tersebut diadakan oleh Kementerian Sosial RI dan selama pelatihan fasilitas dan kebutuhan akan ditanggung oleh Kemensos dan tidak dipungut biaya alias gratis,” kata dia.

Dede mempunyai harapan melalui program untuk warga disabilitas mampu memberikan wadah dan ruang serta kesempatan yang sama agar mendapat pelatihan dan bisa diterima kerja.

“Dengan mereka bekerja tentunya bisa membuat mereka mandiri dan berdaya serta mendapatkan hak yang sama,” ujar Dede.

Setiap tahun, menurut Dede Kabupaten Ciamis selaluendapatkan kuota khusus warga disabilitas untuk mengikuti pelatihan di Sentra Terpadu Inten Suweno.

“Di sana mereka akan mengikuti berbagai pelatihan kemudian diarahkan sesuai bakat masing-masing, dan setelah selesai akan disalurkan ke beberapa tempat yang sudah melakukan kerjasama dengan Sentra Terpadu Inten Suweno,” ungkapnya.

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru