Minggu, Juni 16, 2024
spot_img

Upayakan Pembangunan Desa Bunter, Wakil Bupati Ciamis Janjikan Pembangunan Infrastruktur

DAERAH, Lokacita: Wakil Bupati Ciamis, Yana, menghadiri acara jalan santai dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-193 Desa Bunter, Kecamatan Sukadana, Rabu (13/9).

Dalam sambutannya, ia mengungkapkan bahwa pemerintah daerah akan memberikan infrastruktur yang dibutuhkan oleh masyarakat Desa Bunter.

Dilansir dari Ciamiskab, rencananya, Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis akan menyediakan infrastruktur berupa penerangan jalan umum, pembangunan kantor Desa Bunter, serta proyek irigasi.

Sebagai tambahan pada upaya mendukung acara jalan sehat tersebut, Wakil Bupati Ciamis itu juga memberikan dua sepeda sebagai hadiah bagi peserta.

Ungkapan terkait bantuan desa itu disampaikan oleh Bupati Yana saat memberikan sambutan pada acara jalan sehat tersebut.

Menurutnya, hal ini digunakan sebagai upaya untuk mendukung perkembangan Desa Bunter ke arah yang lebih baik di masa depan.

Karena tidak menutup kemungkinan bahwa Desa Bunter akan menjadi mandiri di berbagai bidang.

Terlebih lagi, desa-desa di Ciamis telah mengalami perkembangan yang positif, seperti yang dibuktikan dengan tidak adanya lagi desa tertinggal.

“Pada waktu saya dan Pak Bupati dilantik, tercatat ada 19 desa tertinggal di Kabupaten Ciamis, dan sekarang tidak sudah tidak ada lagi,” ungkap Yana mengutip Ciamiskab.

Menurut Jabarprov, Kabupaten Ciamis meraih status Kabupaten Mandiri dengan 178 desa berstatus Desa Mandiri berdasarkan Indeks Desa Membangun (IDM) tahun 2023.

Dibandingkan tahun sebelumnya ada 62 desa tambahan mencapai status mandiri. Selain itu, ada penambahan 6 Kecamatan menjadi 16 Kecamatan mandiri dari 10 Kecamatan sebelumnya.

Wakil Bupati juga menekankan bahwa kemajuan atau kemunduran sebuah desa tidak hanya tergantung pada pemerintah, tetapi juga melibatkan semua stakeholder yang terlibat.

“Maju atau mundurnya sebuah desa tidak hanya bergantung pada pemerintah. Peran seluruh elemen masyarakat juga sangat penting,” katanya.

Dengan demikian, Wakil Bupati mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bekerja sama dengan pemerintah dalam membangun desa secara bersama-sama.

Melalui kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat, Yana yakin bahwa hal ini akan mendorong kemajuan dan mengoptimalkan potensi desa tersebut.

Yana juga menekankan bahwa kemajuan sebuah desa tidak hanya diukur dari fasilitas fisik, tetapi juga dari kualitas sumber daya manusianya (SDM).

EditorNuryanti

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru