Rabu, Juli 24, 2024
spot_img

5 Produk Terkenal dari Israel yang Diboikot Dunia, Apa Alasannya?

Internasional, Lokacita: Kian memanas, perang antara Hamas-Israel ternyata berimbas terhadap produk-produk Israel. Bahkan beberapa negara besar tak segan-segan untuk memboikot produk ternama yang diproduksi oleh israel.

Popularitas boikot produk dengan nama Gerakan Boikot, Divestasi, dan Sanksi (BDS) saat ini kian meningkat di sejumlah negara, termasuk Indonesia. Timbulnya Gerakan BDS ini diprediksi mengalami kerugian hingga Rp180,35 triliun per tahun bagi Israel.

Bukan tanpa sebab, Gerakan BDS atau boikot produk Israel dibentuk dengan tujuan agar tekanan ekonomi Israel setara dengan Palestina. Lalu, apa saja produk terkenal dari Israel yag diboikot? Simak selengkapnya sebagai berikut.

1. Puma

Tak banyak yang tahu jika Puma adalah produk milik negara Israel. Puma merupakan brand pakaian olahraga ternama di dunia, tetapi beberapa negara memboikot produk ini dan melarang keras masyarakatnya untuk menggunakan produk dari brand Puma.

2. HP

Menurut BDS Movement, perusahaan HP menyediakan teknologi untuk Israel yang digunakan untuk sistem apartheid, kependudukan, dan kolonialisme atas rakyat Palestina. Selain itu, alasan HP diboikot oleh negara lain adalah karena perusahaan ini menyediakan itanium servers eksklusif untuk otoritas penduduk imigrasi Israel sebagai sistem Aviv mereka.

3. AXA

AXA adalah sebuah perusahaan asuransi yang diboikot oleh dunia lantaran perusahaan ini melakukan investasi di bank-bank milik Israel. Selain itu, tercatat juga jika perusahaan ini memiliki investasi di lima bank utama milik israel, yakni bank Leumi, bank Hapoalim, Israel Discount Bank, First International Bank of Israel, dan Mizrahi Tefahot Bank.

4. Ahava

Ahava juga mrupakan salah satu produk kecantikan miliki Israel yang dilarang di beberapa negara dunia. Berdasarkan catatan BDS Movement, Ahava Cosmetics memiliki pusat, situs produksi, dan toko utama di negara Israel.

5. Sabra

Target boikot masyarakat dunia selanjutnya adalah Sabra. Sabra adalah perusahaan gabungan antara PepsiCo dan Strauss Group, yang merupakan sebuah perusahaan makanan. Perusahaan ini diboikot lantaran memberikan dukungan finansial untuk Israel melalui tentara iliter Israel.

Itulah tadi 5 produk terkenal dari Israel yang diboikot dunia. Bagaimana pendapat Anda?

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru