Sabtu, Mei 18, 2024
spot_img

Selain Amerika, Berikut 5 Negara Asia yang Mendukung Israel

Internasional, Lokacita: Konflik antara Israel dan Palestina kini kian memanas, bahkan sejak 7 Oktober 2023 konflik antara kedua negara ini sukses membuat dunia terbelah menjadi dua kubu.

Negara-negara tersebut menentukan sikap masing-masing mengenai konflik Israel dan Palestina, termasuk negara Asia.

Khusus negara-negara di wilayah Asia, ada beberapa negara yang mendukung Israel melakukan penyerangan terhadap Palestina. Bahkan dukungan tersebut mengalir dalam bentuk pernyataan hingga bantuan. Negara Asia mana saja?

1. Singapura

Negara yang masuk ke dalam wilayah Asia Tenggara ini memang memiliki hubungan yang baik dan hangat dengan Israel.

Bahkan kemitraan yang dilakukan oleh kedua negara ini berlangsung luas hingga ke perdagangan dan pengembangan militer yang signifikan.

Dr. Vivian Balakrishnan selaku Menteri Luar Negeri Singapura dengan tegas menyatakan dukungan terhadap Israel.

Bahkan ia menganggap jika serangan yang dilakukan oleh Hamas adalah terorisme. Walaupun begitu, ia tetap ingin konflik cepat selesai.

2. Thailand

Selain Singapura, Thailand juga dengan tegas memberikan dukungan terhadap Israel. Alasan negara ini mendukung Israel adalah karena banyak pekerja migran dari Thailand yang tewas akibat serangan mendadak yang dilakukan oleh Hamas.

Dari tragedi inilah banyak warga Thailand memusuhi perjuangan Palestina. Dan lebih mendukung Israel.

3. Vietnam

Masih dari negara Asia Tenggara, kali ini Vietnam juga turut memberikan dukungan terhadap Israel. Sejak 1993 Vietnam dan Israel memang memiliki hubungan diplomatic yang erat.

Selain itu banyak juga warga Vietnam yang bekerja di Israel. Bahkan beberapa kali Israel turut membantu Vietnam melalui bantuan kemanusiaan.

4. India

Beberapa jam setelah Hamas meluncurkan serangan, India dengan cepat memberikan tanggapan jika serangan yang dilakukan tersebut adalah aksi teroris. Itulah sebabnya, Narendra Modi selaku Perdana Menteri India mengutuk Hamas.

Baca Juga: Imbas Pro Palestina, Dior Pecat Bella Hadid Demi Model Israel

Sejak Modi menjabat di tahun 2014, hubungan India dan Israel memang semakin dekat. Bahkan India kerap memberikan berbagai dukungan besar terhadap Israel.

5. Myanmar

Myanmar mendukung Israel lantaran hubungan diplomatic yang terjadi di anatara kedua negara ini sudah terjalin sejak 1953.

Persahabatan antara kedua negara ini semakin kuat dengan dibuktikan kehadiran kantor kedutaan besar milik Israel dan Myanmar di Tel Aviv Yangon.

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru