Senin, Juni 17, 2024
spot_img

Bank BRI Buka Program KUR 2024, Dukung Perkembangan UMKM

Nasional, Lokacita: Pada Jumat, 12 Januari 2024, Bank BRI resmi membuka program Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk calon debitur, menyediakan dana sejumlah Rp47,48 triliun bagi bank Himbara.

Program ini bertujuan memberikan dukungan kepada penggiat UMKM di Indonesia dengan berbagai persyaratan tertentu.

Pemilik bisnis memiliki opsi untuk mengajukan pinjaman KUR dengan kisaran limit mulai dari Rp1 juta hingga ratusan juta, dengan suku bunga sebesar 0,5 persen per bulan atau 6 persen per tahun.

Bagi calon debitur, tersedia berbagai pilihan nominal pinjaman, termasuk Rp1 juta, Rp50 juta, Rp150 juta, hingga nominal dalam ratusan juta.

Sementara, proses pengajuan dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu langsung di kantor cabang atau secara online melalui situs resmi kur.bri.co.id

Menurut Beritady, terdapat dua kategori pinjaman, yaitu KUR BRI 2024 Mikro dengan maksimum pinjaman Rp50 juta dan KUR BRI 2024 Kecil dengan pinjaman modal antara Rp50 juta hingga Rp500 juta. Masing-masing kategori memiliki suku bunga 0,5 persen per bulan atau 6 persen per tahun.

KUR BRI 2024 Mikro menawarkan peluang kepada individu (perorangan) yang menjalankan usaha produktif dan memenuhi syarat berikut:

1. Telah aktif dalam usaha minimal 6 bulan.
2. Tidak memiliki kredit dari perbankan, kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan Kartu Kredit.
3. Persyaratan administrasi melibatkan identitas berupa KTP, KK, dan SIU.
4. Pinjaman mencapai Rp50 juta per debitur.
5. Suku bunga sebesar 0,5 persen per bulan atau 6 persen per tahun.
6. Tanpa biaya administrasi dan provinsi.
7. Jenis pinjaman mencakup Kredit Modal Kerja (MK) dengan masa pinjaman maksimal 3 tahun dan Kredit Investasi (KI) dengan masa pinjaman maksimal 5 tahun.

KUR BRI 2024 Kecil menyediakan peluang kepada pelaku usaha dengan karakteristik sebagai berikut:

1. Usaha produktif dan layak.
2. Minimal telah aktif selama 6 bulan.
3. Tidak memiliki kredit dari perbankan, kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan Kartu Kredit.
4. Memiliki Surat Ijin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) atau izin usaha serupa.
5. Pinjaman modal mencakup kisaran Rp50 juta hingga Rp500 juta.
6. Suku bunga sebesar 0,5 persen per bulan atau 6 persen per tahun.
7. Jaminan disesuaikan dengan kebijakan bank.
8. Jenis pinjaman mencakup Kredit Modal Kerja (MK) dengan masa pinjaman maksimal 4 tahun dan Kredit Investasi (KI) dengan masa pinjaman maksimal 5 tahun.

Calon debitur dapat memilih jangka waktu pinjaman sesuai kebutuhan, mulai dari 12 hingga 48 bulan, dengan tabel angsuran yang telah ditentukan untuk setiap nominal pinjaman. Untuk contoh, angsuran pinjaman Rp150 juta memiliki variasi dari 12 hingga 48 bulan.

Proses pengajuan secara online melibatkan beberapa langkah, termasuk verifikasi melalui email, pengisian data pribadi dan usaha, serta unggah dokumen yang diperlukan. Setelah proses pengajuan selesai, calon debitur tinggal menunggu hasil persetujuan.

Dengan dibukanya program KUR BRI 2024, diharapkan para pelaku usaha mikro dan kecil dapat memperoleh dukungan finansial yang memadai untuk mengembangkan bisnis mereka.

Program ini menjadi peluang bagi mereka untuk mendapatkan modal dengan suku bunga yang terjangkau, memberikan dorongan positif bagi pertumbuhan sektor UMKM di Indonesia.

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru