Rabu, Juli 24, 2024
spot_img

Berhasil Produksi SF-05, Kilang Pertamina Internasional Unit Dumai Tuai Pencapaian Baru

Nasional, Lokacita: PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) menorehkan pencapaian baru dengan berhasil memproduksi lumpur pengeboran Smooth Fluid 05 (SF-05) di KPI Unit Dumai. Sebelumnya, SF-05 merupakan salah satu produk andalan yang diproduksi oleh Kilang Balikpapan.

Corporate Secretary KPI, Hermansyah Y Nasroen, menjelaskan bahwa keberhasilan Kilang Dumai ini menunjukkan kemampuan KPI dalam mengintegrasikan proses bisnisnya.

“Dengan adanya dua unit yang mampu memproduksi SF-05, kepastian pasokan produk ini akan semakin terjamin di masa depan,” kata Hermansyah dalam keterangannya pada Kamis (23/5).

Keberhasilan produksi SF-05 di Kilang Dumai ditandai dengan pengapalan perdana sebanyak 7.000 barrel menggunakan Kapal MT Tameda Maru 3. Sebelumnya, Kilang Dumai juga memproduksi lumpur pengeboran SF-02, yang dikenal unggul untuk kegiatan pengeboran di laut.

SF-05 memiliki karakteristik yang berbeda dan lebih unggul untuk eksplorasi di darat, terutama karena impurities yang rendah.

Hermansyah menjelaskan bahwa SF-05 memiliki kandungan lokal yang tinggi, keamanan yang baik terhadap peralatan pengeboran, aman digunakan di daerah rawa, serta stabil dalam persediaan jangka panjang.

“Dengan pelumasan yang sangat baik, produk ini tidakhanya cocok untuk pengeboran pada suhu tinggi dan tekanan tinggi akantetapi ramah bagi lingkungan,” ujarnya.

SF-05 telah menjadi pemimpin pasar dalam kategori produk lumpur pengeboran, dengan peningkatan produksi yang signifikan setiap tahunnya.

Pada tahun 2022, produksi SF-05 mencapai 140.000 barrel, meningkat 23% dari produksi tahun sebelumnya yang mencapai 113.500 barrel. Pada tahun 2023, produksi SF-05 meningkat lebih jauh hingga mencapai sekitar 210.000 barrel.

“Dengan kualitas produk SF-05, kami yakin KPI dapat menjadi salah satu rantai suplai yang penting dalam mendukung kegiatan hulu migas di Indonesia” Kata Hermansyah.

Keberhasilan ini tidak hanya menegaskan posisi KPI dalam industri, tetapi juga memperkuat ketahanan pasokan produk lumpur pengeboran yang krusial bagi eksplorasi migas di Indonesia.

Dengan dua kilang yang mampu memproduksi SF-05, KPI siap memenuhi kebutuhan pasar dan mendukung keberlanjutan eksplorasi migas di tanah air.

EditorHilmi

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru