Rabu, Februari 21, 2024
spot_img

Fenomena Cuaca Panas Terik di Indonesia Masih Berlangsung, Simak Penjelasan BMKG

Nasional, Lokacita: Fenomena cuaca panas terik di Indonesia masih berlangsung saat ini. Sebagian besar wilayah Indonesia sedang merasakan fenomena panas terik ini.

Menurut BMKG pada portal resmi mereka, suhu maksimum yang terukur di Indonesia saat ini cukup tinggi berkisar suhu 35 derajat celcius sampai dengan 38 derajat celcius.

“Suhu tertinggi selama ini sudah mencapai 38 derajat celcius yang telah diukur di Kantor Stasiun Klimatologi Semarang Jawa Tengah serta di Stasiun Meteorologi Kertajati Jawa Barat,” tulis BMKG pada portal resmi mereka.

Tidak hanya itu, Wilayah Jabodetabek ternyata mengalami peningkatan suhu dengan suhu 35 derajat celcius sampai dengan 37.5 derajat celcius.

Menurut BMKG, fenomena panas terik yang saat ini terjadi karena beberapa alasan. Pertama, fenomena ini terjadi karena kondisi wilayah sebagian besar Indonesia, khususnya di Jabodetabek, Nusa Tenggara, dan Jawa didominasi dengan cuaca cerah dan sedikit pertumbuhan awan pada siang hari.

Hal ini tentu membuat matahari di siang hari langsung menyinari bumi tanpa halangan dalam hal ini awan. Oleh karena itu, suhu di siang hari terasa sangat panas terik.

Kedua, Wilayah di Indonesia terutama di selatan ekuator mengalami musim kemarau dan ada sebagian yang mengalami musim peralihan. Kondisi ini menyebabkan cuaca di sebagian Indonesia masih cukup cerah di siang hari.

BMKG mengatakan kembali bahwa fenomena panas terik di Indonesia masih akan berlangsung sampai Oktober 2023. Hal ini karena cuaca cenderung cerah pada siang hari.

BMKG juga menyarankan kepada masyarakat tetap menjaga kesehatan di tengah fenomena panas terik ini dengan cara memperbanyak minum air putih agar tubuh tidak kekurangan cairan atau dehidrasi.

Tidak hanya BMKG juga turut mengatakan kembali bahwa masyarakat yang sedang beraktivitas di luar ruangan selain mengonsumsi air putih untuk mencegah dehidrasi dan kelelahan, masyarakat juga disarankan untuk memakai masker.

Penggunaan masker ini sangat bermanfaat untuk masyarakat gunakan ketika beraktivitas di luar. Hal ini berguna untuk menghalangi polusi udara.

Melihat fenomena cuaca panas terik di Indonesia, tentu saja akan memengaruhi tingkat polusi udara. Polusi udara akan semakin tinggi yang rentan dan berbahaya apabila masuk ke dalam tubuh.

EditorDewi F

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru