Senin, Juni 17, 2024
spot_img

Harga Bahan Pangan Melambung Tinggi, Pedagang Hanya Bisa Pasrah 

Nasional, Lokacita: Berdasarkan data dari Info Pangan Jakarta per 21 Oktober 2023, saat ini hampir Sebagian harga bahan pangan melambung tinggi, bahkan berada di zona merah (mengalami kenaikan harga).

Kenaikan harga bahan pangan untuk saat ini masih terjadi di pasar-pasar yang ada di DKI Jakarta, tetapi tak menutup kemungkinan harga di pasar lain juga akan mengalami kenaikan.

Kenaikan harga bahan pangan ini terus merangkak seiring dengan semakin dekatnya waktu Pemilu 2024 mendatang. Bahkan hal ini juga dirasakan oleh beberapa pedagang di pasar.

Seperti yang diketahui, saat ini Pemilu 2024 sudah semakin dekat di depan mata. Kenaikan harga bahan pangan menjelang Pemilu juga sudah diingatkan oleh pakar ekonom sejak awal tahun yang lalu.

Bahkan menurut ekonom senior dari Institut for Development of Economics and Finance, stabilitas politik di tahun 2023-2024 akan sangat dipengaruhi oleh stabilitas ekonomi Indonesia.

Selain itu, Bhima Yudhistira Adhinegara selaku Dierktur Center of Economics and Law Studies juga menilai jika kenaikan harga merupakan ancaman terbesar bagi masyarakat menjelang Pemilu.

Hasil survey juga menunjukkan jika sebagian besar masyarakat mengeluh masalah kenaikan harga bahan pangan, disusul dengan masalah lapangan pekerjaan.

Menanggapi harga bahan pangan melambung tinggi, sejumlah pedagang hanya bisa pasrah dan kebingungan. Bahkan pemerintah juga dinilai lamban dalam mengatasi masalah harga pangan yang taka da hentinya.

Jadi bisa disimpulkan jika topik utama Pemilu 2024 mendatang, yang paling diinginkan oleh rakyat adalah jalan keluar mengenai ketersediaan dan stabilitas harga bahan pangan di pasar.

Untuk sejauh ini visi dan misi Capres-Cawapres masih normative, terlebih lagi masalah harga pangan. Bhima berharap, program dan aksi yang dielu-elukan tersebut akan dilaksanakan dengan kongkrit dan terukur.

Selain menangani harga, pemerintah juga harus meyakinkan masyarakat akan stok dan ketersediaan beras. Pemerintah juga diminta untuk melakukan pengecekan secara langsung ke pasar dan Gudang secara rutin untuk mencari jalan keluar dari masalah harga bahan pangan melambung tinggi di pasar Indonesia.

EditorNuryanti

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru