Selasa, Februari 27, 2024
spot_img

Ikan Pari Jawa, Kepunahan Ikan Laut Pertama Akibat Aktivitas Manusia

Nasional, Lokacita: Spesies super langka, Urolophus javanicus atau Ikan pari Jawa dinyatakan punah oleh tim internasional yang dipimpin oleh Charles Darwin University (CDU), Australia.

Menurut Kompas, Julia Constance, peneliti utama CDU, menjelaskan ada beberapa faktor yang melatarbelakangi kejadian tersebut.

Dirinya juga mengungkapkan, penangkapan ikan yang masif dan tanpa pengaturan yang baik merupakan ancama utama yang berkontribusi pada penurunan populasi ikan pari Jawa.

Hal ini terbukti dari data tangkapan ikan di wilayah pesisir Laut Jawa yang menunjukkan penurunan pada tahun 1870-an.

Constance melanjutkan, pesisir utara Jawa, terutama Teluk Jakarta yang merupakan habitat bagi ikan pari Jawa, telah terpapar aktivitas industri besar, sehingga berdampak besar pada kepunahan spesies ini.

Hilangnya ikan pari Jawa adalah kepunahan ikan laut pertama yang tercatat akibat aktivitas manusia.

Asumsi ini timbul saat International Union for Conservation of Nature (IUCN) mengeluarkan Daftar Merah Spesies Terancam Punah per 11 Desember 2023.

Benaya Simeon, seorang peneliti lain dari CDU, menyatakan bahwa meskipun telah dilakukan survei secara luas sejak tahun 2001, tidak ada spesimen tambahan yang berhasil ditemukan.

Simeon mencatat bahwa tidak ada spesies serupa ikan pari Jawa yang ditemukan di Jawa, dan kenyataan bahwa ikan ini belum ditemukan selama survei yang sudah dilakukan berkali-kali telah menegaskan kepunahannya.

Menurut Peter Kyne, seorang Peneliti Senior dari Research Institute for the Environment and Livelihoods CDU, lebih dari 120 spesies ikan laut saat ini berstatus sangat terancam punah di seluruh dunia.

“Ikan Stingray Jawa yang telah dinyatakan punah adalah peringatan penting bagi semua orang di seluruh dunia. Bahwa, kita harus mengambil langkah-langkah untuk melindungi spesies laut yang terancam punah,” katanya dikutip Bisnis.Com

Kyne menegaskan penting untuk menciptakan strategi pengelolaan yang tepat, seperti melindungi habitat dan mengurangi penangkapan ikan yang berlebihan, tanpa mengurangi pendapatan para nelayan.

Sebagai tambahan, Ikan pari Jawa adalah spesies ikan pari yang hanya diketahui dari satu spesimen betina yang ditangkap di perairan Jakarta. Spesies ini termasuk dalam keluarga Urolophidae.

Sejak penangkapan spesimen tersebut lebih dari 150 tahun yang lalu, ikan pari Jawa dianggap punah karena tidak ada catatan atau temuan baru setelah itu.

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru