Sabtu, Juli 13, 2024
spot_img

Kembali Terjadi Kebakaran, Pihak Pengelola Tutup Akses Bromo Via Penanjakan

NASIONAL, Lokacita: Akses menuju lokasi wisata Taman Nasional Gunung Bromo kembali ditutup bagi bara pengunjung, keputusan ini diambil lantaran telah terjadi kebakaran hutan dan lahan di lokasi view poin Penanjakan Bromo.

Dilansir dari republika.co.id, Septi Eka Whardani selaku staf tata usaha TNBTS mengungkapkan bahwa meskipun penutupan tersebut telah diberlakukan sejak hari Minggu (3/9) kemarin sanpai skala waktu yang belum ditentukan.

Kendati demikian, Septi mengungkapkan bahwa para pengunjung masih bisa menikmati wisata gunung bromo melalui jalur lain yaitu lewat pintu masuk Cemoro Lawang, Coban Trisula dan Senduro.

Lokasi wisata di taman nasional gunung bromo yang masih bisa didatangi para pengunjung adalah Lautan Pasir, Savana Lembah Watangan atau Bukit Teletubbies, dan Mentigen. Sementara untuk Bukit Kedaluh, Gunung penanjakan dan Bukit cinta masih ditutup dan belum bisa dikunjungi.

Mengutip dari disway.id, sebelumnya terjadi kebakaran di area savana, kebakaran tersebut menghanguskan banyak tanaman serta alang alang di area area savana dan mengakibatkan area tersebut ditutup untuk sementara waktu.

Menyikapi kebakaran yang terjadi di area gunung, pihak pengelola Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) langsung menutup akses masuk lokasi wisata bromo jalur Wonokitri, Kabupaten Pasuruan. ini bertujuan untuk melancarkan proses pemadaman api kebakaran dan juga sebagai tindakan pencegahan agar para pengunjung tidak terdampak oleh kebakaran yang terjadi.

sebelumnya, menikapi kebakaran yang terjadi di savana pihak pengelola juga sempat melakukan penutupan di pintu masuk wisata Bromo melalui Jemplang, Coban Trisula, dan Senduro bagi para pengunjung pada Jumat (1/9).

Selebihnya, pihak pengelola TNBTS menghimbau pada para pengunjung agar dapat ikut bekerjasama untuk menjaga kawasan taman nasional dengan jangan menyulut api di sembarang tempat karena berpotensi kebakaran yang selain merusak lingkungan juga dapat merugikan banyak pihak.

Gunung Bromo adalah salah satu gunung berapi yang terletak di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Dengan alamnya yang indah serta banyaknya lokasi wisata di gunung tersebut tidak heran menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup populet bagi banyak pendaki maupun wisatawan lokal.

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru