Rabu, Februari 21, 2024
spot_img

Resmi Berduet Dengan Ganjar Pranowo, Simak Profil Lengkap Mahfud MD

Nasional, Lokacita: Resmi berduet dengan Ganjar Pranowo merupakan hal yang tidak diprediksi masyarakat. Selain itu, masyarakat pun banyak yang bertanya mengenai profil lengkap calon wakil presiden 2024.

Mohammad Mahfud Mahmodin lebih dikenal dengan Mahfud MD pada mulanya seorang dosen di Universitas Islam Indonesia dari tahun 1984 sampai dengan saat ini.

Tidak hanya menjadi seorang dosen, calon wakil presiden pasangan Ganjar Pranowo ini juga memulai karier di dunia politik pada tahun 1998.

Pada tahun 2000, Mahfud MD dipercaya untuk menjadi Menteri Pertahanan. Pada tahun 2004 Mahfud MD pun menjadi anggotanya DPR RI dari Fraksi PKB.

Setelah mencicipi dunia birokrat dan politikus, Mahfud MD juga mencoba sebagai pegiat hukum dengan gelar doktor yang sudah dimiliki tahun 1993.

Tahun 2008 sampai tahun 2013 Mahfud MD akhirnya melepaskan diri dari kepartaiannya. Pada tahun 2014 sampai dengan tahun 2019 mulai diberikan kepercayaan untuk menjadi Menteri Dalam Negeri dan turut menjadi anggota Dewan Pengarah Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila.

Pada masa jabatan Presiden Jokowi periode kedua, Mahfud MD ternyata menjadi Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan sampai saat ini.

Tidak hanya aktif di bidang birokrat, Mahfud MD juga aktif sebagai penulis buku. Melansir dari berbagai portal, terdapat sembilan judul karya yang sudah ditulis dan diterbitkan oleh Mahfud MD.

Melansir dari laman Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), kekayaan dari Mahfud MD

Kekayaan Mahfud MD pertama kali melaporkan harta kekayaannya pada tahun 2019 dengan total Rp25,81 miliar.

Pada tahun 2020, calon wakil presiden pasangan Ganjar Pranowo ini juga melaporkan kembali harta kekayaan. Kemudian, Mahfud melaporkan hartanya dengan total Rp27,13 miliar.

Pada tahun 2022 Mahfud MD juga melaporkan kembali harta kekayaannya ke LHKPN dengan total aset sebesar Rp29,55 miliar.

Pada laporan LHKPN ini, Mahfud MD tercatat tidak mempunyai utang baik yang dilaporkan ataupun utang kepemilikan surat berharga.

Calon wakil presiden pasangan Ganjar Pranowo ini mempunyai 12 kepemilikan tanah, 2 unit kendaraan roda dua, dan 4 unit kendaraan roda empat.

EditorDewi F

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru