Senin, Juni 17, 2024
spot_img

Survei CSIS Ungkap Preferensi Pemilihan Presiden Pasca Debat: Prabowo-Gibran Unggul dengan 43,7%

Nasional, Lokacita: Centre for Strategic and International Studies (CSIS) baru saja merilis hasil survei pasca debat capres terkait elektabilitas. Menurut hasilnya, pasangan Prabowo-Gibran memimpin dengan tingkat elektabilitas sebesar 43,7 persen.

CSIS melakukan survei untuk mengurai elektabilitas calon presiden dan wakil presiden berdasarkan wilayah, yang terbagi menjadi Sumatera, Jakarta-Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah-Yogyakarta, Jawa Timur, Bali-Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi-Gorontalo dan Maluku-Papua.

Kepala Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS Arya Fernandes mengungkapkan jika di-breakdown berdasarkan zona, paslon 01 dan 02 bersaing ketat di wilayah Sumatera.

“Kalau kita ‘breakdown’ berdasarkan zona, di wilayah Sumatera hasilnya paslon 01 dan 02 bersaing cukup ketat” kata Arya pada paparan hasil survey di Youtube CSIS Indonesia, Rabu (27/12).

Di kawasan Sumatera, pasangan Anies-Muhaimin memiliki elektabilitas sebesar 34,4 persen, sedangkan Prabowo-Gibran memperoleh 36,5 persen dalam survei. Namun, di wilayah Jakarta-Banten, keduanya memiliki elektabilitas yang setara, yakni sebesar 35,2 persen.

Kendati demikian, pasangan Prabowo-Gibran secara konsisten meraih kemenangan di berbagai wilayah. Selain di Sumatera, Prabowo-Gibran juga berhasil memenangkan suara mayoritas di Jawa Timur, Jawa Barat, Bali-Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi-Gorontalo, dan wilayah Maluku-Papua.

Lebih lanjut, Arya mengatakan bahwa angka-angka ini adalah gambaran pasca debat pertama, dan dapat berubah sesuai dengan perkembangan politik yang terus berjalan.

“Ketiga calon masih memiliki waktu dan kesempatan untuk menyusun strategi politik mereka. Selain itu, fluktuasi tipis dapat terjadi karena masih ada tiga debat lagi. Aktivitas kampanye dari paslon dapat mempengaruhi angka-angka ini” kata Arya

Diketahui, Survei dilakukan pada tanggal 13-18 Desember 2023 dengan menggunakan metode survei multistage random sampling yang melibatkan 1.300 responden tersebar di 34 provinsi di Indonesia. Margin of error survei ini sekitar plus minus 2,7 persen dengan tingkat kepercayaan 95%.

Responden, yang berusia 17 tahun atau sudah menikah pada saat survei dilakukan, diajak untuk berpartisipasi melalui wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner terstruktur.

Mereka diberikan pertanyaan, “Jika saat ini Anda berada di bilik suara (TPS), siapakah yang akan Anda pilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029?” Berikut hasilnya:

– Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar: 26,1%

– Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka: 43,7%

– Ganjar Pranowo-Mahfud Md: 19,4%

– Belum menentukan/Rahasia: 6,4%

– Tidak tahu/Tidak jawab: 4,5%

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru