Sabtu, Juni 22, 2024
spot_img

5 Bek Tangguh Timnas Indonesia untuk Tantang Vietnam di Masa Depan

Olahraga, Lokacita: PSSI akan terus berupaya membangun Timnas Indonesia yang kuat dan berkelanjutan di masa depan. Termasuk re-naturalisasi pemain lawas. Terbaru, bek Wolverhampton Wanderers U-21 Justin Hubner resmi mengambil sumpah kewarganegaraan Indonesia (WNI).

Ia merupakan pemain berdarah Belanda dan Indonesia. Dengan masuknya Justin Hubner, kekuatan timnas Indonesia diyakini akan semakin diperkuat, terutama di lini belakang. Ia berpengalaman berkompetisi di level tertinggi sepakbola yakni Liga Inggris.

Selain itu, ada lagi bek yang tinggal mengucapkan sumpah setia warga negara Indonesia, yakni Jay Idzes. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) yang memberikan kewarganegaraan Indonesia kepada pemain Venesia tersebut.

Penandatanganan Justin Hubner dan Jay Idzes berarti pelatih Indonesia Shin Tae-yong memiliki banyak pilihan di lini belakang. Sebab, masih ada nama seperti Elkan Baggott, Jordi Amat, dan Rizky Ridho.

Ini menjadi modal yang cukup baik untuk menghadapi Vietnam di babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 kawasan Asia pada tanggal 21. dan 26 Maret 2026. Pada dua laga awal, Timnas Indonesia tampil kurang maksimal, kalah 0 – 4 melawan Irak dan imbang 1–1 dengan Filipina.

Berikut 5 bek kuat yang bisa diandalkan Timnas Indonesia saat menghadapi Vietnam:

1. Justin Hubner

Justin Hubner memiliki pengalaman bermain di kompetisi tingkat tinggi yakni di Premier League U-21 bersama tim U-21 Wolverhampton Wanderers. Ia bahkan menyandang posisi kapten tim. Bagi Justin Hubner di timnas Indonesia, pengalaman tersebut tentu menjadi modal. Kedatangannya membuat tim Garuda semakin kuat.

2. Elkan Baggott

Elkan Baggott menjadi andalan timnas Indonesia sejak Piala AFF 2020. Seperti Justin Hubner, Elkan Baggott memiliki pengalaman di level sepak bola Inggris. Pemain Ipswich Town itu juga punya keunggulan dari segi posisi.

Tak hanya bisa memecah umpan lawan, bisa juga digunakan untuk mencetak gol saat tim Indonesia mati penguasaan bola, terutama pada tendangan sudut.

3. Jordi Amat

Jordi Amat dikenal sebagai bek yang menguasai bola. Pemain Johor Darul Ta’zim (JDT) itu bisa membangun serangan dari bawah karena mampu melakukan umpan-umpan jauh yang akurat.

Dari segi pengalaman, Jordi Amat pernah bermain untuk Swansea City dan Espanyol. Pengalamannya bermain bersama JDT juga sangat berguna karena tim tersebut sering bermain di level kompetisi antarklub Asia.

4. Jay Idzes

Jay Idzes menjadi tambahan kekuatan di lini belakang. Oleh karena itu, ia mendapat kewarganegaraan untuk membela timnas Indonesia. Jay Idzes punya pengalaman bersama Venezia yang berlaga di Serie B Italia. Kedatangannya bisa jadi angin segar bagi skuad Garuda.

5. Rizky Ridho

Rizky Ridho menjadi satu-satunya pemain lokal yang masuk dalam daftar ini. Pemain asal Persija Jakarta ini selalu menjadi pemain kunci Timnas Indonesia baik di kategori umur maupun senior.

Rizky Ridho dikenal dengan ketenangan dan kemampuan membaca bolanya yang sangat baik. Posisi tubuhnya pun mendukungnya sebagai seorang bek tengah.

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru