Kamis, Mei 23, 2024
spot_img

5 Kerugian Manchester City jika Terdegradasi dari Liga Inggris

Olahraga, Lokacita: Lima kerugian Manchester City apabila terdegradasi dari Liga Inggris. The Citizens akan kembali ke kasta kedua liga Inggris.

Man City terancam hukuman degradasi karena Everton berpeluang kehilangan poin. The Toffees sedang diselidiki atas pelanggaran Financial Fair Play (FFP) Premier League.

Kejadian serupa pernah terjadi pada Man City beberapa waktu lalu, namun menguap begitu saja. Yang muncul saat ini adalah desakan agar jawara Liga Inggris 2022-2023 itu didegradasi.

Lalu apa saja kerugian sebuah klub jika terdegradasi?

1. Medioker

Kerugian terbesar tentu saja Man City kembali ke klub medioker atau kembali ke setting pabrikan. Sebelum kedatangan Thaksin Shinawatra pada tahun 2007, Manchester City hampir tidak dikenal, terutama di kalangan fans di luar Inggris.

Apalagi, hingga saat ini Man City bisa dikatakan sebagai klub yo-yo yang terpesona dengan naik turunnya kotak. Dilemahkan artinya mereka kembali ke habitatnya dan asalnya, setidaknya itu yang ada di pikiran penggemar klub-klub tradisional di Inggris.

2. Ditinggal Pep Guardiola

Selain pemain bintangnya, Pep Guardiola juga bakal hengkang. Pelatih seperti dia tentu tak mau berkompetisi di kotak terbawah.

Kehilangan Guardiola berarti hampir separuh hidup Man City. Tentu saja bermain di kotak bawah hanya untuk pelatih yang sedang membangun karirnya, bukan pelatih yang sudah mapan seperti pemain Spanyol itu.

3. Ditinggal investor/dijual oleh pemilik

Pemilik Man City saat ini, Etihad Group, kemungkinan akan meninggalkan klub. Sebab, pelanggaran FFP yang dilakukan berkaitan erat dengan suntikan dana dari konsorsium.

Kepergian investor/pemilik utama berdampak besar pada keuangan tim. Begitu pemain bintangnya tiada, sulit mendapatkan penggantinya karena rendahnya tingkat kasta klub.

4. Ditinggal oleh Suporter

Ejekan Emptyhad yang merujuk pada banyaknya kursi kosong di Stadion Etihad semakin kencang. Kapasitas stadion jelas berkurang, kecuali tentu saja untuk fans berat Manchester City.

Suporter-suporter luar negeri tak akan mau mendukung City. Berbeda dengan saat Juventus terdegradasi ke Serie B akibat insiden Calciopoli.

5. Ditinggal Pemain Bintang Lainnya

Kerugian yang akan alami tentunya adalah kehilangan pemain bintang. Erling Haaland, Bernardo Silva, Kevin de Bruyne dan bintang lainnya tentu tak ingin bersaing di kotak bawah. Bedol desa akan terjadi di Manchester jika City terdegradasi. Itu merupakan hal yang lumrah terjadi.

EditorDodi S

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru