Sabtu, Juni 22, 2024
spot_img

5 Pemain Naturalisasi Langsung Beri Kontribusi Besar Bagi Timnas Indonesia, Nomor 1 Penyerang Ganas!

Olahraga, Lokacita: Sebanyak 5 pemain naturalisasi langsung memberikan kontribusi besar bagi Timnas Indonesia. Salah satu cara instan PSSI untuk meningkatkan kualitas Timnas Indonesia adalah dengan melakukan naturalisasi pemain sebagai warga negara Indonesia (WNI).

Pada era tahun 2010-an, PSSI banyak melakukan naturalisasi pemain asing yang bermain di Liga Indonesia. Namun mulai tahun 2021, PSSI tidak lagi melakukan naturalisasi pemain asing.

Untuk para pemain yang sudah dinaturalisasi terhitung sejak 2021 adalah pemain-pemain yang memiliki darah Indonesia. Kini sudah tercatat dari puluhan pemain yang dinaturalisasi dari era 2010-an awal, ada lima di antaranya langsung memberikan kontribusi instan. Siapa saja?

Berikut lima pemain naturalisasi yang langsung memberikan kontribusi besar di Timnas Indonesia.

1. Cristian Gonzales

Dinaturalisasi pada tahun 2010, striker Uruguay itu langsung bermain untuk timnas Indonesia di Piala AFF 2010. Gonzales mencetak tiga gol di Piala AFF 2010, termasuk dua gol penentu saat Timnas Indonesia kalah dari Filipina di babak semifinal.

Sayangnya peruntungan Gonzales belum terlihat di final hingga Timnas Indonesia kalah 2-4 dari Malaysia di laga puncak.

2. Jay Idzes

Kehadiran Jay Idzes di dua laga melawan Vietnam sangatlah penting. Jika bukan karena bek Venezia FC tersebut, tim Indonesia bisa saja kehilangan poin.

Saat Gelora Bung Karno menang 1-0, Jay Idzes melakukan aksi gemilang di penghujung pertandingan, yakni melewati pemain depan lawan. Jay Idzes kemudian mencetak satu gol saat tampil di Vietnam untuk membawa Indonesia menang 3-0.

3. Thom Haye

Kualitas Thom Haye terlihat pada laga debutnya saat timnas Indonesia menyambangi markas Vietnam. Thom Haye yang berposisi sebagai gelandang menjadi katalisator tim.
Ia juga memberikan assist pada gol pertama Indonesia ke gawang Vietnam yang dicetak Jay Idzes.

4. Ragnar Oratmangoen

Ragnar Oratmangoen menjalani debutnya di markas Vietnam tepat pada matchday kelima Grup F turnamen kualifikasi Piala Dunia 2026 wilayah Asia. Hebatnya, pemain FC Groningen itu mencetak satu gol di debutnya untuk membawa tim asuhan Shin Tae-yong menang 3-0 atas tuan rumah.

5. Stefano Lilipaly

Meski resmi menjadi WNI pada tahun 2011, Stefano Lilipaly baru bergabung dengan timnas Indonesia pada tahun 2013. Setelah tiga tahun absen, gelandang asal Belanda itu kembali membela Garuda di Piala AFF 2016.

Di sini, pemain yang dua tahun sekali membela Borneo FC itu mencetak gol dalam kemenangan 2-1 Indonesia. Singapura di babak penyisihan grup, memastikan tempat tim Garuda di babak semifinal. Di babak semifinal, ia pun mencetak gol yang memastikan timnas Indonesia melaju ke puncak.

Selain tampil apik di Piala AFF 2016, Stefano Lilipaly juga menunjukkan pesona apiknya di Asian Games 2018 sebelum akhirnya Timnas Indonesia U23 mengalahkan tim peringkat ketiga, Uni Emirat Arab di babak 16 besar.

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru