Kamis, Mei 23, 2024
spot_img

7 Negara Pernah Dilarang FIFA Tampil di Piala Dunia

Olahraga, Lokacita: FIFA pernah melarang tujuh negara untuk berpartisipasi di Piala Dunia. Berikut ini ada 7 negara yang pernah di arang FIFA untuk tampil di Piala Dunia:

Jerman

Timnas Jerman pernah dilarang mengikuti Piala Dunia 1950. Itu karena dosa Jerman yang saat itu memulai Perang Dunia Kedua. Akan tetapi, setelah Timnas Jerman kembali ke Piala Dunia 1954, Timnas Jerman langsung menjadi juara.

Jepang

Timnas Jepang adalah sekutu Jerman dalam Perang Dunia II. Oleh karena itu, mereka mendapat hukuman serupa dari FIFA pada Piala Dunia 1950.

Rusia

Timnas Rusia dilarang melanjutkan kualifikasi Piala Dunia 2022 pada Maret 2022 akibat invasi negara tersebut ke Ukraina pada Februari 2022. Mereka seharusnya menghadapi Polandia di final, namun langsung tersingkir karena serangan mereka.

Chile

Tidak jauh berbeda dengan Timnas Chile. Tim Negara ini tersingkir dari Piala Dunia 1994 akibat ulah kiper Roberto Rojas pada 1989.

Ia mengaku terluka akibat lemparan flare yang ditembakkan suporter asal Brasil. Akan tetapi, Roberto Rojas melukai dirinya sendiri dengan menggunakan pisau yang disembunyikan di sarung tangannya.

Afrika Selatan

Timnas Afrika Selatan tersingkir dari kualifikasi Piala Dunia antara tahun 1970 hingga 1990 karena kebijakan apartheid, yakni pemisahan berdasarkan warna kulit. Timnas Afrika Selatan bisa kembali ke dunia sepakbola setelah Nelson Mandela mengakhiri apartheid.

Meksiko

Timnas Meksiko tersingkir dari Piala Dunia 1990 hanya empat tahun setelah digelar. Pasalnya Meksiko menurunkan empat pemain yang melebihi batas usia untuk Piala Dunia Remaja.

Myanmar

Negara Asia Tenggara, Myanmar, yang sering menjadi rival tim nasional Indonesia, dikeluarkan dari kualifikasi Piala Dunia 2006 menyusul keputusan Myanmar yang menolak bermain melawan Iran di dalam kualifikasi Piala Dunia 2002.

Myanmar menolak ikut serta karena pandangan politiknya bertentangan dengan Iran. Oleh karena itu, FIFA mengambil keputusan tegas dengan melarang mereka mengikuti kualifikasi Piala Dunia 2006.

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru