Sabtu, Juli 13, 2024
spot_img

8 Negara Peserta Piala Dunia yang Kalah Lebih dari Sekali Kontra Timnas Indonesia 

Olahraga, Lokacita: Sebanyak delapan negara peserta Piala Dunia yang kalah lebih dari satu kali melawan Timnas Indonesia. Sejak bergabung dengan FIFA, Timnas Indonesia telah menghadapi sekitar 93 negara.

Dari 93 negara, beberapa di antaranya berkompetisi di Kejuaraan Dunia. Faktanya, tim Indonesia sudah lebih dari satu kali mengalahkan delapan negara tersebut.

Negara manakah yang relevan? Berikut delapan negara Piala Dunia yang kalah lebih dari satu kali melawan Timnas Indonesia:

1. Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab lolos ke Piala Dunia 1990, dan dari segi prestasi, tim Indonesia bertemu sebanyak enam kali. Dari enam laga tersebut, UEA dua kali kalah dari Indonesia, yakni di Piala Merdeka 1981 (5-2) dan Asian Games 1986.

2. Selandia Baru

Selandia Baru sudah tujuh kali bertemu Indonesia. Dari tujuh pertandingan, Timnas Indonesia menang dua kali, imbang lima kali, dan kalah dua kali. Selandia Baru berpartisipasi dalam Piala Dunia 2010.

3. Kuwait

Kuwait adalah raja Asia pada tahun 1980an dan 1990an. Rupanya mereka lolos ke Piala Dunia 1982. Meski demikian, tim Indonesia mampu bersaing dengan Kuwait.

Soal rekor pertandingan, timnas Indonesia meraih dua kemenangan, lima kali imbang, dan dua kali kalah dalam tujuh pertandingan melawan Kuwait.

4. Irak

Irak membuat satu penampilan di Piala Dunia 1986 di Meksiko. Timnas Indonesia menang dua kali dari 11 pertandingan, tiga kali imbang, dan enam kali kalah melawan Irak.

5. China

Tiongkok berpartisipasi dalam Piala Dunia 2002, yang berlangsung antara Korea Selatan dan Jepang. Timnas Indonesia sendiri sudah tiga kali menang melawan China dalam 23 pertandingannya (empat kali imbang dan 16 kali kalah).

6. Jepang

Sungguh luar biasa timnas Indonesia dan Jepang sama-sama kuat. Dari 18 pertandingan, Timnas Indonesia menang delapan kali, bermain dua kali, dan kalah delapan kali melawan Samurai Biru.

Jepang mencatatkan enam penampilan di turnamen empat tahunan tersebut menjelang Piala Dunia, dengan pencapaian terbaik mereka terjadi di babak 16 besar pada tahun 2002, 2010, 2018, dan 2022.

7. Australia

Seperti Jepang, Australia juga sudah enam kali lolos ke Piala Dunia. Prestasi terbaik mereka adalah lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2006 dan 2022. Soal rekor pertandingan, Australia sudah dua kali kalah dari Indonesia dalam 21 pertandingan (tiga kali imbang dan 16 kali kalah).

8. Korea Selatan

Negara yang juga kontra adalah Korea Selatan, tim yang mencapai semifinal Piala Dunia 2002. Korea Selatan telah mencapai Piala Dunia sebanyak 11 kali. Soal rekor pertandingan, Korea Selatan kalah dari Timnas Indonesia sebanyak enam kali dari 60 pertandingan (delapan kali imbang dan 46 kali kalah).

EditorDewi F

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru