Rabu, Februari 21, 2024
spot_img

Aksi Gila Shin Tae-yong, Dalam 2 Tahun Bawa Timnas Indonesia Naik Peringkat FIFA!

Olahraga, Lokacita: Nama Shin Tae Yong mungkin terdengar familiar belakangan ini. Mantan pelatih timnas Korea Selatan ini resmi resmi diboyong ke Indonesia pada Januari 2020.

Tangan dingin sang pelatih dinilai mampu mendongkrak kinerja para punggawa. Terbukti, menurut rilis terakhir FIFA Kamis 21 September 2023, Timnas Indonesia berada di peringkat 147 oleh FIFA. Dengan demikian, peningkatan bertambah 26 strip selama dilatih oleh Shin Tae-yong.

Selain melatih timnas senior Indonesia, PSSI juga menunjuknya untuk menjadi pelatih skuad U-20 Indonesia pada Piala Dunia U-20 2021 lalu yang digelar di Tanah Air.

Malangnya bagi Shin Tae-yong, sepak bola Indonesia harus rehat setelah tiga bulan berada di Indonesia akibat Covid-19.

Imbasnya, sepak bola internasional (turnamen antar negara) dihentikan sementara. Alhasil, Ia tak mampu memimpin Timnas di laga kompetitif selama 1,5 tahun.

Shin Tae-yong baru bisa memimpin timnas Indonesia di laga resmi pada Juni 2021 atau di tiga laga sisa putaran kedua turnamen kualifikasi Piala Dunia 2022 kawasan Asia. Saat itu, tim Indonesia harus bertemu Thailand, Vietnam, dan Uni Emirat Arab.

Sebelumnya Timnas Indonesia hanya menduduki peringkat 173 dunia menurut situs resmi FIFA. Posisi tersebut sama persis saat Shin Tae-yong ditunjuk menjadi pelatih Timnas Indonesia pada Januari 2020 lalu.

Namun dengan sentuhan tangan dinginnya, dirinya mampu mendongkrak posisi pemain Garuda hanya dalam waktu kurang dari dua tahun. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan pada musim 2021-2023 yang naik sebanyak 26 tingkat dari peringkat 173 menjadi peringkat 147 dunia.

Beberapa diantaranya karena kemenangan atas Taiwan di Kualifikasi Piala Asia 2022, kesuksesan di final Piala AFF 2020, semifinal Piala AFF 2022, lolos ke Piala Asia 2023, dan penampilan impresif di beberapa match day FIFA menjadi faktor meroketnya posisi skuad Garuda.

Peringkat Timnas Indonesia di rangking FIFA terus melambung, terutama setelah berakhirnya babak pertama kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Timnas Indonesia akan menghadapi Brunei Darussalam dan akan mendulang 18 poin jika memenangkan dua laga yang digelar pada 12 dan 17 Oktober 2023.

Melalui dua laga tersebut, Squad Garuda bisa naik ke peringkat 143 atau 144 dunia. Melihat prestasi di atas, apakah Shin Tae-yong pantas mendapat apresiasi tambahan dari pecinta sepak bola tanah air?

EditorDewi F

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru