Selasa, Februari 27, 2024
spot_img

Bersejarah! Pratama Arhan Jadi Pemain Asia Tenggara Pertama yang Gabung Suwon FC di K-League 1

Olahraga, Lokacita: Kontrak bek Timnas Indonesia Pratama Arhan dengan Tokyo Verdy akan berakhir pada 31 Januari 2024. Pemain berusia 21 tahun itu kini disebut-sebut menjadi incaran klub papan atas Korea Selatan, Suwon FC.

Kabar bergabungnya Pratama Arhan ke Suwon FC diumumkan sebelumnya pada Selasa (26/09/2023) oleh media ternama Korea Selatan Chosun. Dalam keterangan media diberitakan, Suwon FC mencapai kesepakatan dengan mantan bek PSIS Semarang itu.

Jadilah yang Pertama

Jika kesepakatan itu terwujud, Pratama Arhan akan menjadi pemain Asia Tenggara pertama yang memperkuat Suwon FC. Didirikan pada tahun 2003, klub ini telah tergabung di K-League 1 sejak tahun 2013. Artinya, mereka sudah sepuluh tahun berkiprah di kotak elite Liga Korea Selatan.

Chosun mengungkapkan Suwon FC ingin mendatangkan Pratama Arhan untuk meningkatkan nilai klub. Nah, salah satunya dengan merekrut pemain berkualitas asal Asia Tenggara.

Perhatian khusus diberikan kepada Indonesia. Suwon FC saat ini membutuhkan pemain asal Indonesia untuk aktif berkembang, sehingga mencari pemain yang berkualitas.

“Jadi Arhan masuk dalam daftar kandidat. Suwon FC aktif menawarkan peluang kepada Arhan dan berniat merekrutnya,” Chosun menjelaskan.

Tidak Diragukan

Selain untuk meningkatkan nilai klub, alasan lainnya tentu saja untuk meningkatkan kekuatan sektor pertahanan. Karena beberapa pemain kini sudah semakin menua, maka perlu dilakukan peremajaan.

Soal kemampuannya, tidak perlu diragukan lagi. Pratama Arhan dikenal sebagai pemain sayap kiri yang cepat. Pergerakannya kerap menyulitkan lawan.

Selain itu, kemampuan khusus Blora, pemain asal Jawa Tengah, adalah tembakan jarak jauh. Tendangan Arhan mampu membuahkan gol baik bagi klub maupun timnas Indonesia dalam beberapa kesempatan.

Kesempatan yang Bagus

Bergabungnya Suwon FC juga bisa menjadi sebuah langkah maju bagi Pratama Arhan. Arhan pun terus berjuang untuk menembus tim utama klub Liga J2 tersebut setelah bergabung dengan Tokyo Verdy pada Maret 2022. Sejauh ini, ia baru memainkan empat pertandingan atau bermain selama 225 menit.

Pada 21 Desember 2023, Arhan akan berusia 22 tahun. Usia yang terbilang muda untuk seorang pesepakbola. Kariernya masih sangat panjang. Selama kuliah di luar negeri, keterampilan Arhan semakin meningkat.

Pernikahan dengan Nurul Azizah juga diharapkan menambah semangat dan motivasinya di lapangan hijau. Diketahui, Pratama Arhan baru-baru ini mengakhiri masa lajangnya dengan menikahi putri anggota DPR RI Andre Rosiade.

Bek bertinggi badan 172 cm itu menikah pada Minggu (20 Agustus 2023) di sebuah masjid di Tokyo, Jepang. Tokoh-tokoh penting seperti Erick Thohir, Indra Sjafri, Zainudin Amali dan masih banyak lainnya turut serta dalam momen baik ini.

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru