Jumat, Juni 21, 2024
spot_img

Calvin Verdonk dan Jens Raven Jalani Proses Naturalisasi, Timnas Indonesia Makin Menyala

Olahraga, Lokacita: PSSI terus berupaya melakukan naturalisasi pemain asal Indonesia yang bermain di liga-liga top dunia. Terakhir kali Maarten Paes resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), PSSI menyebut ada dua pemain yang akan berganti kewarganegaraan, yakni Calvin Verdonk dan Jens Raven.

Ketua Umum PSSI (Ketum) Erick Thohir menyampaikan pengumuman tersebut melalui unggahan video di akun Instagram pribadinya. Saat mengunggah video tersebut, pria yang juga menjabat Menteri BUMN itu bertemu langsung dengan Paes, Verdonk, dan Raven di Jakarta.

Saat pertandingan, Erick berjabat tangan dengan tiga pemain. Artinya mereka semua tergabung dalam timnas Indonesia. Namun Erick mengungkapkan kepada Verdonk dan Raven bahwa keduanya sedang dalam proses naturalisasi.

“Setelah tiba di Jakarta dari Doha, saya kembali fokus memperkuat timnas,” tulis Erick di akun Instagram pribadinya, Selasa (30 April 2024).

“Hari ini Maarten Paes resmi menjadi WNI. Sementara Calvin Verdonk dari NEC Nijmegen dan Jens Raven dari FC Dordrecht juga dinaturalisasi,” lanjutnya.

Untuk diketahui, Paes secara mengejutkan mengambil sumpah kewarganegaraan Indonesia di kantor wilayah DKI Jakarta pagi tadi. Dengan begitu, kiper Dallas FC itu bisa memperkuat timnas Indonesia dan berpeluang melakoni debut di Grup F putaran kedua kualifikasi Piala Dunia Asia 2026 yang sedang berlangsung pada Juni mendatang.

Sementara itu, Verdonk dan Raven merupakan pemain yang kewarganegaraannya belakangan ini ramai dirumorkan. Faktanya, kedua pemain tersebut memang sedang dalam proses naturalisasi.

Kami berharap proses asimilasi mereka berjalan lancar. Pasalnya jika semua proses berjalan lancar, bukan tidak mungkin Verdonk dan Raven akan debut bersama timnas Indonesia pada putaran kedua turnamen kualifikasi Piala Dunia 2026 Grup F kawasan Asia.

Yang pasti, penambahan pemain legacy akan membuat timnas Indonesia semakin kuat. Tim Garuda saat ini didukung oleh banyak pemain keturunan.

Profil Calvin Verdonk

Calvin Verdonk adalah pemain Belanda-Indonesia yang lahir pada tanggal 26 April 1997 di Dordrecht, Belanda. Pria 27 tahun itu memiliki darah Indonesia dari ayahnya yang berasal dari Meulaboh Kabupaten Aceh Barat.

Transfermarkt melaporkan bahwa Calvin Verdonk saat ini akan bergabung dengan NEC Nijmegen sebagai bek kiri di Eredivisie untuk musim 2023-24. Namun, ia juga sesekali bermain sebagai bek tengah dan gelandang bertahan.

Karier sepak bola Calvin Verdonk

Menurut laporan Soccerway, Calvin Verdonk tampil di beberapa pertandingan Eredivisie pada 2023/2024. Ia tercatat tampil sebanyak 30 kali dan bermain selama 2.585 menit. Dia memulai 29 dari 31 pertandingan dan membuat satu penampilan pengganti.

Pemain dengan tinggi 174 cm itu mencetak dua gol dan memberikan dua assist di Eredivisie musim ini. Terakhir kali dia mencetak gol adalah melawan Sparta Rotterdam pada 24 Februari 2024.

Gol pertamanya tahun ini terjadi pada tanggal 20 Januari 2024 melawan Twente. Semasa karirnya, Calvin Verdonk juga pernah bermain untuk Feyenoord di U-17, U-19, dan senior pada tahun 2013-2016.

EditorHilmi

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru