Sabtu, Mei 18, 2024
spot_img

Fakta Menarik Timnas Vietnam, Calon Lawan Timnas Indonesia di Grup D Piala Asia 2023

Olahraga, Lokacita: Tantangan berat akan dihadapi Timnas Indonesia saat menghadapi Vietnam yang sama-sama tergabung di Grup D Piala Asia 2023. Ada beberapa fakta menarik dari tim Bintang Emas.

Selain Vietnam, Timnas Indonesia juga akan berhadapan dengan Jepang dan Irak di Grup D. Artinya, tim Garuda harus bekerja keras untuk mendapatkan tiket ke babak gugur Piala Asia 2023.

Tim besutan Shin Tae-Yong mempunyai peluang untuk melaju ke fase knock-out sebenarnya masih ada. Selain meraih juara grup atau peringkat kedua, Tim Garuda juga bisa memanfaatkan jalur terbaik peringkat ketiga.

Namun tim Indonesia tetap mewaspadai rivalnya termasuk tim Vietnam karena mereka merupakan musuh yang cukup sulit ditaklukkan dalam beberapa tahun terakhir.

Tidak Sering Berpartisipasi

Salah satu persamaan Timnas Indonesia dengan Timnas Vietnam di Piala Asia 2023 adalah jumlah pesertanya. Ini merupakan penampilan kelima bagi kedua kubu di partai elite antar negara benua kuning tersebut.

Pencapaian terbaik Vietnam pada kejuaraan ini adalah di posisi empat besar, yakni pada tahun 1956 dan 1960.

Diketahui, saat itu hanya empat besar dari masing-masing wilayah yang mengikuti kejuaraan tersebut. Meski demikian, prestasi Indonesia masih belum bisa dibanggakan. Dari empat keikutsertaan sebelumnya, tim Merah Putih tak selalu berhasil melaju ke babak final.

Indonesia Sulit Ditaklukkan

Tim Vietnam menjadi lawan terberat tim Indonesia untuk meraih kemenangan di berbagai kompetisi. Dalam 10 tahun terakhir, Indonesia dianggap sangat dirugikan dibandingkan Vietnam.

Dalam 10 pertemuan telah berlangsung dalam dekade terakhir. Alhasil, tim Merah Putih hanya mampu meraih satu kemenangan yakni di babak semifinal Piala AFF 2016.

Pada akhirnya, Indonesia menghadapi Golden Star dengan empat kekalahan dan lima hasil imbang. Rekor di laga tersebut bakal membuat tim Indonesia ketar-ketir jelang kualifikasi Piala Asia 2023.

Memiliki Catatan Apik

Dibandingkan Timnas Indonesia, The Golden Star punya rekor jauh lebih baik di kancah Piala Asia. Karena mereka memiliki rekor yang cukup mengesankan dalam dua pekerjaan terakhirnya.

Timnas Vietnam selalu berhasil mencapai babak perempat final dalam dua laga terakhirnya pada musim 2007 dan 2019, dengan menempati posisi kedua Grup B Piala Asia 2007. Sayangnya, Vietnam harus kalah. di perempat final setelah kalah dua gol dari Irak tanpa balas.

Pada penampilan selanjutnya yakni edisi 2019, Vietnam sukses menembus babak 16 besar. Usai mengalahkan Jordan lewat adu penalti di babak 16 besar, sayang kiprah mereka terhenti di babak perempat final karena Jepang kalah tipis 0-1.

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru