Minggu, April 21, 2024
spot_img

Lamine Yamal, Pemain Berbakat Terbaru Timnas Spanyol

OLAHRAGA, Lokacita: Usai laga Spanyol melawan Georgia pada jumat kemarin, nama Lamine Yamal muncul ke permukaan. Yamal meraih popularitasnya setelah mencetak gol pada laga yang berlangsung di Boris Paichadze Dinamo Arena, Tblisi, Georgia.

Pada laga tersebut, La Furia Roja berhasil menumbangkan tuan rumah dengan skor 7-1. Tiga gol dicetak oleh Álfaro Morata, Dani Olmo, Nico Williams, dan Lamine Yamal mencetak masing-masing satu gol, serta satu gol bunuh diri tercipta dari kesalahan pemain Geogia, yakni Kvirkvelia pada menit ke-27.

Yamal menjadi pencetak gol termuda bagi timnas Spanyol sekaligus menjadi pencetak gol termuda di gelaran kualifikasi EURO 2024. Golnya tercipta saat Ia berusia 16 tahun 57 hari.

Gol Yamal tercipta setelah Ia mengeksekusi umpan manja dari Nico Williams dari arah kiri. Posisinya yang tepat berhadapan satu lawan satu dengan penjaga gawang Georgia membuat Yamal mendapatkan ketenangan untuk memasukan bola ke dalam gawang.

“Saya merasa cukup nyaman sejak awal. Nico yang mengatur semuanya,” ungkap Yamal dikutip dari laman uefa.com.

“Dia melepaskan umpan yang membuat saya bisa satu lawan satu dengan kiper. Saya hanya menembak sesuai perintah tubuh dan jiwa. Itu saja!”, lanjut Lamine Yamal.

Gol ini mengalahkan rekor teman setimnya, Gavi dan mengalahkan rekor pemain andalan timnas Wales, Bale yang mencatatkan namanya dalam sejarah sepak bola setelah mencetak gol di usinya yang baru menginjak 17 tahun 83 hari.

Sebelumnya, Gavi mencatatkan namanya dalam papan sejarah sepak bola Spanyol setelah menjadi pemain termuda yang mencetak gol. Pada saat itu, ia berusia 17 tahun 304 hari. Gol Gavi tersebut juga mengalahkan rekor sebelumnya yang juga dipegang pemain Barcelona, yakni Ansu Fati. Hal ini senada dengan informasi yang ditulis oleh akun resmi B/R Footbal di platform twitter.

2020: Ansu Fati menjadi pencetak gol termuda Spanyol (17 tahun, 311 hari)
2022: Rekor Fati dipecahkan oleh Gavi (17 tahun, 304 hari)
2023: Rekor Gavi dipecahkan oleh Lamine Yamal (16 tahun, 57 hari) Buatan La Masia.

Pemain yang bernama lengkap Lamine Yamal Nasroui Ebana ini menjalani debut pertamanya bersama Barcelona pada 23 April 2023. Saat itu Barcelona bertanding melawan Atlético Madrid pada lanjutan liga Spanyol pekan ke-32 musim 2022/2023. Dan ketika pertandingan tersebut berlangsung, Lamine Yamal masih berusia 15 tahun 90 hari.

Meskipun tidak terlalu mencolok dalam laga debutnya, Lamine Yamal menunjukkan kepiwaiannya dalam bermain bola pada saat bertanding melawan Villareal. Barcelona berhasil memenangkan pertandingan dengan hasil akhir 4-3 dan Lamine Yamal mampu mencetak assist di usianya yang baru menginjak 16 tahun 45 hari serta terpilih sebagai Most Valuable Player dalam laga tersebut.

Mengingat usianya yang masih sangat muda dan memiliki bakat yang begitu menawan, kelanjutan karirnya dalam dunia sepak bola sangat layak untuk diikuti.

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru