Kamis, Mei 23, 2024
spot_img

Legenda Belanda asal Maluku yang Sebenarnya Bisa Membela Timnas Indonesia

Olahraga, Lokacita: Pesepakbola Belanda banyak yang berdarah Indonesia, termasuk salah satunya asal Maluku. Menariknya, beberapa pemain berdarah Maluku sukses dan menjadi legenda di sepak bola Belanda dan beberapa klub besar.

Meski tidak secara langsung mengharumkan nama Indonesia, tentu saja para pemain keturunan tersebut tetap mengharumkan nama masyarakat Maluku. Lantas siapa saja pemain yang mampu mengharumkan nama masyarakat Maluku?

Indonesia mempunyai hubungan dekat dengan Belanda. Salah satu wilayah negara yang mempunyai hubungan paling dekat dengan negara ini adalah Maluku.

Menurut LIPI (sekarang BRIN), lebih dari 40 ribu orang Maluku tinggal di Belanda pada tahun 2010. Jumlah ini diperkirakan terus bertambah setiap tahunnya. Banyaknya warga Maluku di Belanda tentu saja melahirkan banyak pesepakbola hebat. Apakah dia asal Maluku atau Belanda.

Di Indonesia saat ini kita mengenal Shayne Pattynama dan Stefano Lilipaly. Keduanya memiliki darah Maluku dan Belanda yang kuat. Banyak pemain berdarah Maluku yang rupanya sudah menjadi legenda di Belanda. Mereka mampu berkontribusi maksimal bagi sepak bola negeri kincir angin tersebut.

Simon Tahamata

Pemain Simon Tahamata lahir di Vught, Belanda pada 26 Mei 1956. Namun Tahamata merupakan anak dari pasangan Indonesia tepatnya asal Ambon, Maluku.

Simon Tahamata bermain untuk beberapa klub penting Belanda, termasuk Ajax Amsterdam dan Feyenoord Rotterdam. Ia bahkan tiga kali meraih gelar Eredivisie. Bakat Simon Tahamata juga dimanfaatkan di Timnas Belanda. Sang winger membela De Oranje sebanyak 22 kali dan mencetak dua gol.

Roy Makaay

Roy Makaay pernah dikenal sebagai striker terbaik di Eropa. Puncak karirnya terjadi saat membela Deportivo La Coruna dan Bayern Munich. Roy Makaay bahkan punya rekor impresif di Liga Champions. Striker rajin itu mencetak 29 gol di ajang UCL.

Sayangnya Roy Makaay kurang tajam dalam membela Belanda. Pemain keturunan Maluku ini hanya mampu mencetak enam gol dalam 43 pertandingan.

Giovanni van Bronckhorst

Giovanni van Bronckhorst adalah bek kiri legendaris Belanda. Pesepakbola kelahiran Maluku itu mencatatkan 106 penampilan untuk timnas Belanda dan mencetak 6 gol.

106 pertandingan menempatkan Giovanni van Bronckhorst yang paling banyak bermain untuk timnas Belanda di peringkat kelima. Giovanni van Bronckhorst adalah kapten tim Belanda yang menempati posisi kedua di Piala Dunia 2010, ketika mereka kalah 0:1 melawan Timnas Spanyol.

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru