Minggu, Juni 16, 2024
spot_img

Negara dengan Penduduk Terbanyak yang Tak Pernah Lolos ke Piala Dunia, Nomor 5 Indonesia

Olahraga, Lokacita: Piala Dunia adalah ajang terbesar dalam sepak bola. Namun, padatnya jumlah penduduk tidak menjamin kualitas sepak bola yang bagus. Setidaknya enam negara terpadat di dunia tidak pernah lolos ke Piala Dunia.

Termasuk Indonesia, kita bahas negara terpadat yang belum pernah mencapai final ajang terbesar di sepak bola.

Negara Berpenduduk Padat yang Belum Pernah Lolos Piala Dunia

Berikut enam negara terpadat yang belum pernah lolos ke Piala Dunia. Salah satunya adalah Indonesia:

1. Ethiopia (107 juta penduduk)

Ethiopia adalah negara dengan populasi hingga 107 juta orang. Salah satu negara terbesar di benua Afrika ini pernah memainkan sepak bola yang cukup bagus di masa lalu, setelah memenangkan Piala Afrika satu kali pada tahun 1962. Namun, timnas Ethiopia belum pernah bermain di Piala Dunia.

Pada tahun 2010, Ethiopia sama sekali tidak bisa bersaing untuk memperebutkan tiket untuk mencapai final karena sanksi.

2. Filipina (110 juta jiwa)

Filipina adalah negara berpenduduk 110 juta orang. Sepak bola Filipina tidak pernah sebaik ini. Di Piala AFF saja, rekor terbaik mereka hanya empat semifinalis. Filipina juga belum pernah lolos ke Piala Asia.

Pada kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Tim Filipina berpeluang menghadapi tim Indonesia bersama Vietnam dan Irak di putaran kedua.

3. Bangladesh (170 juta jiwa)

Bangladesh memiliki populasi hingga 170 juta jiwa. Namun, sepak bola memang bukan cabang olahraga terbaik yang mereka kuasai.

Saat ini, timnas Bangladesh berada di peringkat 189 ranking FIFA. Namun timnas Bangladesh pernah punya rekor manis saat menjuarai Piala SAFF tahun 2003 dan medali emas South Asian Games tahun 1999.

4. India (populasi 1,3 miliar)

Dengan jumlah penduduk hingga 1,3 miliar jiwa, India menjadi salah satu negara dengan jumlah penduduk terpadat di dunia. Namun, sepak bola bukanlah olahraga yang benar-benar mereka kuasai.

Di Piala Asia, timnas India hanya tiga kali mencapai final. India sebenarnya cukup bagus di peringkat 102 FIFA.

5. Indonesia (populasi 279 juta jiwa)

Timnas Indonesia berusaha mencapai final Piala Dunia untuk pertama kalinya dalam sejarahnya. Tim asuhan Shin Tae-yong sukses mengalahkan Brunei Darussalam 6-0 pada laga pertama, Kamis (12 Oktober 2023).

Laga tersebut akan dimainkan di markas Brunei Darussalam. Namun Indonesia lolos ke leg kedua babak kedua yang akan menghadapi Vietnam, Filipina, dan Irak.

Indonesia sebenarnya punya pengalaman tampil di Piala Dunia 1938. Namun karena belum merdeka, timnas Indonesia bermain dengan nama Hindia Belanda.

EditorNuryanti

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru