Kamis, Mei 23, 2024
spot_img

Prediksi Timnas Indonesia Vs Libya Piala Asia: Tanpa Justin Hubner Hingga Elkan Baggott!

Timnas Indonesia akan menghadapi Libya pada laga uji coba pertama jelang Piala Asia 2023 yang digelar pada Selasa malam (1 Februari 2024) di Kompleks Olahraga Mardan WIB, Antalya, Turki. Laga ini menjadi patokan jelang Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia menggelar pemusatan latihan selama 12 hari di Turki. Pelatih Shin Tae-yong mengundang 28 nama untuk mengikuti kegiatan ini. Namun ada tiga nama yang belum bergabung dan dipastikan hilang yakni Sandy Walsh, Justin Hubner, dan Elkan Baggott.

Di saat yang sama, Libya datang ke Türkije dengan kekuatan baru, diperkuat pemain muda.
Laga ini merupakan yang kedua dalam laga resmi. Sebelumnya, Timnas Indonesia kalah 0:4 melawan Libya pada laga 25 Juni 1977.

Bermain Menyerang
Pemain Indonesia Muhammad Ramadhan Sananta (tengah) melakukan selebrasi bersama rekan satu timnya Witan Sulaeman (kiri) dan Asnawi Mangkualam usai mencetak gol pada laga babak pertama kualifikasi Piala Dunia FIFA 2026 kawasan Asia melawan Brunei Darussalam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (10/12/2023) malam WIB.

Timnas Indonesia diperkirakan akan menghadapi Spartan dalam laga uji coba melawan Libya. Kemenangan tersebut tentunya menambah kepercayaan diri para pemain jelang Piala Asia 2023.

Gelandang Indonesia Wahyu Prasetyo mengatakan seluruh pemain dalam kondisi prima. Siapapun bisa memenuhi keinginan pelatih Shin Tae-yong dalam latihan taktis. Salah satu menu latihan yang akan disantap para pemain Timnas Indonesia jelang laga melawan Libya sudah disiapkan.

Latihan ini berguna untuk membangun serangan pada pertahanan dan tidak memaksa permainan untuk membuat pertahanan lawan terburu-buru.

“Latihan taktik, persiapkan diri menghadapi tantangan melawan Libya. Berada di sini cukup baik. Kondisi teman-teman juga lebih baik dari sebelumnya,” kata Wahyu Prasetyo.

Pelatih Shin Tae-yong diperkirakan akan memainkan formasi 3-4. Sistem 3 Marcelino Ferdinand, Rafael Triol Struick, dan Dimas Drajad berpeluang menjadi yang terbaik. Untuk mempercepat Pada saat yang sama, Libya tiba di Türkije dengan catatan yang cukup baik.

Libya belum terkalahkan sejak pertengahan tahun 2023. Rinciannya, Libya meraih tiga kemenangan dan empat kali imbang dari tujuh laga terakhirnya.

Pelatih Milutin Sredojevic mengaku berencana memanfaatkan laga uji coba melawan Timnas Indonesia semaksimal mungkin untuk persiapan menghadapi kualifikasi Piala Dunia 2026.

“Kami tidak akan menyia-nyiakan jeda internasional tanpa memainkan pertandingan persahabatan. Untuk mempersiapkan diri dengan baik untuk pertandingan kualifikasi Piala Dunia melawan Mauritius dan Tanjung Verde” jelas Milutin Sredojevic.

Libya diperkirakan akan memainkan formasi 3-5-2 untuk membongkar Timnas Indonesia. Duo Ahmed Krawa’a dan Abdulmuyassir Boushibah menjadi andalan lini depan.

Shin Tae-yong Langsung Turunkan Skuad Terbaik?
Skuad Indonesia vs Libya pada 2 Januari 2020. Ya, Garuda akan menjalani laga uji coba melawan tim peringkat 120 FIFA di Antalya, Turki.

Laga uji coba digelar di Turki karena Timnas Indonesia berada di sana untuk pemusatan latihan (TC). TC ini diselenggarakan untuk mempersiapkan Elkan Baggott dan kawan-kawan jelang Piala Asia 2023 yang digelar di Qatar pada 10 Januari hingga 12 Februari 2024.

Namun Elkan dan dua pemain lainnya, Justin Hubner dan Sandy Walsh, belum bergabung dengan timnas Indonesia. Dengan demikian, hanya 25 pemain yang ditemukan dari 28 nama Shin Tae-yong.

Sehingga bisa dikatakan Shin Tae-yong gagal menurunkan tim terbaiknya. Meski demikian, pelatih asal Korea Selatan itu masih punya banyak pemain unggulan untuk mengisi starting XI melawan Libya. Di posisi penjaga gawang, Hernando Ari kemungkinan besar akan dimainkan untuk persiapan Piala Asia 2023.

Shin Tae-yong kemungkinan besar akan menggunakan formasi tiga bek tengah saat menghadapi Libya yang di atas kertas peringkatnya lebih tinggi dari Indonesia.

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru