Kamis, Mei 23, 2024
spot_img

Profil dan Biodata Ramadhan Sananta, Pemain yang ‘Dilarang’ Main di Timnas Indonesia

Olahraga, Lokacita: Nama Ramadhan Sananta yang tak masuk dalam skuad U-24 Indonesia yang akan berlaga di Asian Games langsung menyedot perhatian. Pasalnya, sang striker kerap menjadi tumpuan tim dalam mencetak gol.

Sananta tak masuk tim karena tak diizinkan klubnya sendiri, Persis Solo. Tim bernama Laskar Sambernyawa sempat ragu melepas Sananta ke skuad Garuda Muda karena tengah mengalami krisis penyerang tengah.

Untuk lebih mengenal Sananta, berikut biografi dan profilnya.

Karir Berjalan Cepat

Sananta menerima pelatihan sepak bola di sekolah sepak bola Asia sejak ia masih remaja. Pada tahun 2020, ia masuk ke Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) Kepulauan Riau dan bermain di sana selama dua tahun.

Karier profesional Sanata dimulai pada tahun 2021. Ia awalnya bergabung dengan PS Harjuna Putra yang bermain di liga ketiga. Kurang dari setahun, ia langsung promosi ke divisi teratas Liga Indonesia yaitu Liga 1, ia mendapat kontrak dari klub Persikabo 1973 sepanjang 2021-2022.

Pada Liga Indonesia musim 2022-2023, Sananta pindah ke PSM Makassar dan mendapat lebih banyak waktu berkompetisi di lapangan. Saat itu, potensi Sananta sebagai striker semakin terlihat. Karena itu, ia diundang bermain untuk timnas senior, meski saat itu usianya masih 19 tahun.

Baru pada pertengahan tahun 2023, Sananta kembali pindah dan kini memperkuat klub Persis Solo. Laga terakhir bersama timnas Indonesia Sananta terakhir kali memperkuat skuad Indonesia U-23 pada laga kualifikasi Piala Asia melawan Chinese Taipei dan Turkmenistan. Ia berhasil mencetak satu gol saat Indonesia mengalahkan Chinese Taipei dengan skor 9-0.

Shin Tae-young menjadi orang pertama yang memanggil Sananta ke timnas Indonesia untuk mengikuti laga Piala AFF 2022. Ia menjadi striker termuda di timnas saat itu karena usianya baru 19 tahun.

Sananta juga tampil di Piala Dunia FIFA Maret 2023 saat menghadapi Burundi. Kemudian pelatih Indra Sjafri mempercayakannya ke tim U-22 Indonesia untuk berlaga di SEA Games 2023.

Namun, Shin Tae-young tidak memanggilnya untuk memperkuat skuad Garuda untuk laga FIFA Juni 2023 melawan Palestina dan Argentina.

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru