Selasa, Februari 27, 2024
spot_img

Profil Thom Haye: Pernah 2 Kali Juara Euro U-17 Bersama Belanda, Minat Bela Timnas Indonesia

Olahraga, Lokacita: Gelandang Eredivisie atau Liga Belanda SC Heerenveen Thom Haye secara terbuka menyatakan ketertarikannya bermain untuk timnas Indonesia.

Pemain reguler di Liga Utama Belanda ini dipandang sebagai pemain potensial yang bisa menambah kekuatan lini tengah Timnas Indonesia.

Jika kelak diambil sumpah kewarganegaraan Indonesia (WNI), pemegang paspor Belanda ini bisa bermain bersama pemain-pemain terbaik dan terbaiknya di timnas Indonesia.

Fakta menariknya, bek Indonesia Sandy Walsh dan Thom Haye merupakan rekan satu tim saat bermain untuk tim Belanda U-17 pada Kejuaraan Eropa U-17 2012 di Slovenia.

Salah satu pemain asal Indonesia-Belanda, Thom Haye disebut-sebut tertarik memperkuat timnas Indonesia. Hal itu terlontar dari mulutnya sendiri dalam wawancara dengan salah satu media ternama Belanda.

Belakangan ini ramai perbincangan di kalangan netizen soal nama Thom Haye. Sebab, ia dikabarkan ingin melindungi timnas Indonesia. Nama lengkap Thom Haye adalah Thom Jan Marinus Haye. Ia lahir di Amsterdam pada 9 Februari 1995. Thom diduga memiliki darah Indonesia dari kakek dari pihak ibu yang berasal dari Sulawesi.

Karier Thom Haye

Saat ini, Thom Haye bermain untuk SC Heerenveen. Klub ini berkompetisi di Eredivisie, divisi tertinggi liga Belanda. Sebelum bergabung dengan SC Heerenveen, Thom Haye pernah membela klub elite lain yang berlaga di Eredivisie, yakni AZ Alkmaar. Di klub ini ia menerima kontrak profesional pertamanya.

Di level timnas, Thom Haye bermain untuk timnas kelompok umur Belanda. Pemain berusia 28 tahun itu mewakili De Oranje U-15, U-17, dan U-21.

Juara Eropa U-17 dua kali bersama Belanda

Nama Thom Haye sudah tenar di usia muda. Pasalnya, ia pernah menjadi bagian dari tim Belanda U-17 saat menjuarai Euro U-17 2011 dan 2012.

Pada kedua kesempatan tersebut, Haye dan kawan-kawan berhasil mengalahkan lawan yang sama yakni Jerman. Pada tahun 2011, tim U-17 Belanda menang 5:2, dan setahun kemudian Der Panzer kembali dikalahkan melalui adu penalti 5:4 (1:1).

Thom Haye juga dipanggil ke tim U-21 Belanda. Namun setelah itu, De Oranje tidak pernah memandangnya lagi. Penggemar sepak bola Indonesia menyambut positif.

Kabar ketertarikan Thom Haye membela timnas Indonesia mendapat sambutan baik dari para pecinta sepak bola tanah air. Sebab meski usianya tak muda lagi, ia dinilai layak mendapat kesempatan.

Apalagi, Thom Haye punya pengalaman panjang bermain di level tertinggi Belanda. Namun masih belum diketahui apakah pelatih PSSI dan Timnas Indonesia Shin Tae-yon tertarik atau tidak.

Terbaru, PSSI telah menyelesaikan proses transisi asosiasi asuhan Justin Hubner. Dengan demikian pemain Wolverhampton Wanderers U-21 bisa bertahan melawan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023.

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru