Rabu, Februari 28, 2024
spot_img

Mesin Baru Ducati, Lebih Heboh dari Sebelumnya

Otomotif, Lokacita: Mesin baru ducati, jebolan perusahaan asal Spanyol ini kembali membuat kehebohan dikalangan penggemarnya.

Ducati Kembali melengkapi mesin motor jebolan mereka dengan teknologi mesin bersilinder tunggal. Mesin ini digadang-gadang sebagai mesin paling kencang di sepanjang sejarah mesin.

Pihak Ducati sendiri menyatakan bahwa performa kali ini lebih responsive. Bahkan ada klaim bahwa mesin yang dihasilkan ini lebih efisien dan lebih ramah lingkungan jika dibandingkan dengan mesin lain.

Fakta Unik Mesin Baru Ducati, Superquadro
Dari mesin yang digunakan yakni Superquadro Mono, terdapat beberapa fakta unik didalamnya. Beberapa fakta tersebut diantaranya adalah:

1. Nama Superquadro Mono

Nama “Superquadro” diberikan pada mesin ini karena memiliki rasio bore dan stroke yang sangat ekstrem, yang memungkinkan mesin ini untuk mencapai kecepatan putaran tinggi. Sementara itu, “Mono” merupakan nama yang diambil dari mesin Panigale 1299.

2. Piston balap 116 mm

Piston Superquadro Mono memiliki desain yang disebut sebagai “kotak dalam kotak” dengan diameter 116 mm, yang merupakan ukuran yang luar biasa besar untuk piston mesin satu silinder produksi.

Diameter ini jauh lebih besar dibandingkan dengan langkah piston yang sangat pendek sebesar 62,4 mm. Gabungan dari diameter besar dan langkah pendek ini menghasilkan rasio lubang-langkah ekstrem sebesar 1,86.

3. Katup masuk titanium

Mono juga mewarisi beberapa komponen penting dari mesin Superbike dua silinder, termasuk katup masuk yang terbuat dari titanium dengan diameter 46,8 mm.

Selain itu, katup buangnya terbuat dari baja dengan diameter 38,2 mm, juga mirip dengan yang digunakan dalam mesin Superbike dua silinder.

Sistem Desmodromik juga hadir dalam Mono, yang merupakan sistem khas yang digunakan dalam mesin Ducati yang memastikan kontrol yang presisi terhadap gerakan katup.

4. Desmo Power Murni

Ketika Anda memiliki kombinasi diameter katup yang sangat besar dan mesin berputar pada kecepatan yang sangat tinggi, ini menciptakan tekanan inersia yang signifikan pada katup-katup.

Baca Juga: Dampak Kunci Kontak Mobil Lupa di Off

Oleh karena itu, dalam Superquadro Mono, katup masuk dibuat dari titanium, dan pengelolaannya ditangani oleh sistem Desmodromic.

Sistem Desmodromic adalah satu-satunya sistem mekanis yang memungkinkan untuk mengatasi batasan yang diterapkan oleh pegas katup.

5. Kecanggihan 659 cc

Dalam perancangan mesin ini, dipilih bahan-bahan canggih untuk setiap komponennya. Sebagai contoh, laras silinder terbuat dari aluminium, bukan baja, dan diambil dari Superleggera 1299. Selain itu, alternator, kopling, dan penutup kepala mesin dibuat dari paduan magnesium.

6. Getaran rendah dan rasio gigi Panigale

Mesin Superquadro Mono juga memiliki fokus pada pengendalian getaran. Alhasil getaran dari mesin ini sebanding dengan mesin V-twin 90°. Rasio gigi pada Superquadro Mono mengikuti model dari Panigale V4.

Gigi pertama yang panjang untuk mengatasi tikungan pada kecepatan rendah, memungkinkan mesin memanfaatkan daya dorongnya saat keluar dari tikungan.

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru