Sabtu, Juli 13, 2024
spot_img

Tips Mengatasi Velg Motor Retak

Otomotif, Lokacita: Velg sepeda motor yang retak perlu mendapat perhatian. Salah satu hal yang bisa terjadi pada velg sepeda motor adalah retak.

Mengingat pentingnya komponen pada sepeda motor ini, maka Anda perlu segera melakukan perawatan jika timbul masalah.

Banyak pemilik sepeda motor yang mungkin mengalami masalah pada bagian velg. Kondisi perpecahan ini dapat disebabkan oleh beberapa hal. Entah itu mengalami kecelakaan, penggunaan berat atau tabrakan saat berkendara.

Retak pada velg roda sering terjadi saat melakukan perjalanan jauh. Ada kemungkinan kendaraan menabrak sesuatu yang keras saat beroperasi.

Oleh karena itu, Anda dapat memperbaikinya dalam beberapa langkah. Tips mengatasi masalah velg sepeda motor retak antara lain :

1.Periksa kerusakannya dengan cermat

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memeriksa velg sepeda motor Anda dengan cermat.

Sebaiknya cari retakan atau kerusakan lainnya. Perhatikan apakah retakannya dalam dan serius atau hanya dangkal.

2. Identifikasi Jenis Retakan

Retak pada bagian tepi dapat terjadi dalam dua jenis, yaitu retakan ringan pada permukaan atau retakan dalam yang lebih serius.

Anda dapat memperbaiki retakan permukaan dengan perbaikan sederhana. Pada saat yang sama, retakan yang dalam memerlukan perhatian yang lebih serius, dan Anda mungkin perlu menggantinya.

3. Lakukan perbaikan sendiri

Jika Anda menemukan retakan ringan pada permukaan, Anda dapat mencoba memperbaikinya sendiri.

Untuk melakukan ini, area yang retak harus dibersihkan secara menyeluruh dan debu atau kotoran yang menempel harus dihilangkan.

Untuk menambal retakan pada sepeda motor, Anda bisa menggunakan resin epoxy atau lem khusus logam.

Retakan harus diaplikasikan dalam lapisan tipis dan dibiarkan kering sesuai petunjuk kemasan. Setelah lem mengering, ratakan permukaannya dengan pasir halus dan cat bagian tepinya jika perlu.

4. Bawa ke Bengkel

Jika retakan tepinya parah atau jika Anda merasa belum cukup berpengalaman, lakukan perbaikan sendiri. Kendaraan harus segera dibawa ke bengkel.

Baca Juga: Selain Amerika, Berikut 5 Negara Asia yang Mendukung Israel

Retakan yang dalam biasanya memerlukan pengelasan atau bahkan penggantian velg. Tentu saja hal ini harus dilakukan oleh spesialis yang berpengalaman.

5. Ganti velg yang rusak parah

Jika velg sepeda motor Anda rusak parah dan tidak bisa diperbaiki, ada baiknya Anda menggantinya dengan yang baru. Bertahan dengan kondisi velg yang rusak justru berisiko dan berbahaya saat berkendara.

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru