Selasa, Februari 27, 2024
spot_img

3 Manfaat Kesehatan Saat Mengonsumsi Selada Air, Salah Satunya Kesehatan Mata

Ragam, Lokacita: Tiga manfaat kesehatan saat mengonsumsi selada air belum banyak diketahui oleh banyak orang. Padahal selada air mempunyai manfaat tersembunyi untuk kesehatan.

Selada air memang sayuran yang jarang digunakan untuk masakan-masakan yang memiliki rasa rempah yang kuat. Namun, saat memakan salad, smoothie, dan sandwich tanpa selada air terasa kurang enak.

Selada air salah satu sayuran hijau yang mempunyai rasa sedikit pedas, rendah kalori, dan rendah lemak. Hal ini tentu saja mempunyai manfaat untuk kesehatan.

Melansir dari beberapa portal, berikut ini tiga manfaat kesehatan saat mengonsumsi selada air yang baik untuk kesehatan.

Bermanfaat untuk kekebalan tubuh

Sayuran hijau ini ternyata membantu untuk meningkatkan dan menjaga kekebalan tubuh. Dalam selada air ini mempunyai banyak kandungan, yakni Vitamin A yang berfungsi menutrisi tubuh.

Tidak hanya Vitamin A yang terdapat pada Selada Air. Sayuran ini juga mempunyai kandungan Vitamjn C yang berfungsi pendukung kekebalan tubuh.

Ketika seseorang seringkali mengonsumsi Selada Air, saat terjadi gangguan di dalam tubuh, tidak mudah menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Bermanfaat untuk kesehatan mata

Mata merupakan organ tubuh yang perlu dijaga karena organ penting untuk melihat. Karotenoid, zeaxanthin, dan lutein adalah zat-zat yang dapat melindungi mata.

Sayangnya, saat ini zat-zat yang sudah disebutkan sulit ditemukan pada makanan pada umumnya. Padahal mata yang sehat tergantung dari pola makan seseorang.

Namun, tidak perlu khawatir dengan mengonsumsi selada air ternyata dapat memenuhi kebutuhan lutein dan zeaxanthin. Selada air bisa dikonsumsi dengan berbagai cara, salah satunya salad.

Bermanfaat untuk kesehatan jantung

Selada air ternyata bisa menjadi pilihan sayuran untuk dikonsumsi secara matang ataupun mentah.

Dengan mengonsumsi sayuran mentah ternyata dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Sayuran hijau ini bermanfaat untuk kesehatan jantung karena rendah lemak jenuh dan rendah natrium. Tidak hanya itu, Selasa air memiliki kandungan senyawa quercetin yang baik untuk kesehatan jantung karena memiliki zat inflamasi dan antioksidan.

EditorDewi F

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru