Sabtu, Juni 22, 2024
spot_img

3 Tips Ini Dapat Membantu Berhenti Merokok, Niat Saja Belum Cukup

Ragam, Lokacita: Tiga tips ini dapat membantu berhenti merokok karena berniat untuk tidak merokok memang belum cukup bagi perokok aktif.

Berhenti merokok untuk perokok aktif memang sulit, tetapi saat ada niat dan keyakinan untuk berhenti merokok pasti bisa.

Namun, niat saja belum cukup, melansir dari beberapa portal kesehatan, tiga tips berhenti merokok ini dapat membantu seseorang berhenti untuk merokok.

Menjaga Kebersihan Rumah

Menjaga kebersihan rumah merupakan tips untuk membantu seseorang berhenti merokok karena para perokok pasti akan menyadari aroma rokok di setiap sudut rumah.

Aroma rokok dapat membuat rangsangan serta keinginan perokok aktif untuk merokok. Oleh karena itu, menjaga kebersihan rumah dapat membuat para perokok berhenti merokok.

Mengelola Stres

Stres seringkali menghampiri setiap orang termasuk para perokok. Biasanya seseorang saat mengalami stres mencari pelampiasan stres dengan merokok.Hal ini dilakukan para perokok karena merasa tenang dan stres hilang saat merokok.

Kenyataannya para perokok bisa mengganti kebiasaan merokok saat stres dengan cara meditasi, mendengarkan musik, membaca buku, dan aktivitas lain untuk mengalihkan keinginan kembali merokok.

Mencegah Pemicu untuk Merokok

Ketika sudah berhasil berhenti merokok, sebisa mungkin mencegah dan menghindari pemicu untuk merokok.

Suasana dan kegiatan yang menjadi pemicu untuk merokok harus dicegah karena akan ada rasa keinginan untuk kembali merokok kembali.

Minum kopi, berkumpul sama teman, dan setelah makan merupakan contoh kegiatan yang memicu keinginan untuk merokok.

Para perokok dapat mengalihkan pemicu tersebut dengan cara mengunyah permen karet, mengonsumsi banyak air putih, ataupun menggosok gigi.

Hal ini untuk mencegah seseorang yang berkeinginan berhenti merokok.

Tiga tips berhenti merokok dapat dilakukan sebagai usaha untuk menghentikan kebiasaan merokok. Apabila dilakukan dengan rutin serta konsisten kebiasaan merokok akan hilang perlahan-lahan.

Menjaga pola hidup serta olahraga yang teratur juga bisa menjadi alternatif untuk membuat seseorang berhenti merokok.

Niat untuk berhenti merokok merupakan langkah awal, tetapi harus ada usaha keras untuk menghentikan kebiasaan merokok pada perokok aktif.

EditorNuryanti

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru