Sabtu, Juni 22, 2024
spot_img

5 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan, Bisa Cegah Stunting!

Ragam, Lokacita: Kelor atau Moringa oleifera merupakan jenis tanaman kaya nutrisi yang berasal dari pohon Moringa.

Dalam pengobatan tradisional di seluruh Asia Selatan dan Asia Tenggara, daun kelor telah lama digunakan lantaran khasiatnya yang sangat bagus.

Daun kelor kaya akan antioksidan sehat dan senyawa tanaman bioaktif. Tak heran jika tanaman ini telah dikenal karena manfaat kesehatannya selama ribuan tahun.

5 Manfaat Daun Kelor

Sudah dikenal sejak zaman dulu sebagai tanaman alami, berikut beberapa manfaat daun kelor untuk kesehatan. Bisa cegah stunting, loh!

1. Menjaga Kadar Kolesterol

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tumbuhan kelor bisa membantu menjaga dan menurunkan kadar kolesterol.

Terutama mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL). Menjaga kadar kolesterol yang sehat sangat penting untuk kesehatan jantung.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Tanaman kelor memiliki sebuah kandungan yang mampu melindungi jantung dari radikal bebas, peradangan dan kematian jaringan.

Bahkan kelor terbukti bisa melindungi jantung terhadap kerusakan yang disebabkan oleh DOX sebagai obat antikanker.

3. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Daun kelor juga terbukti memiliki beberapa senyawa yang bagus untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

Salah satunya adalah senyawa niaziridin, yang ditemukan dalam konsentrasi tinggi pada daun kelor. Senyawa tersebut dapat meningkatkan penyerapan vitamin dan mineral makanan. Hal ini juga bisa meningkatkan biokatifitas antibiotik tertentu.

4. Menjaga Kadar Gula Darah

Sejak dulu kelor selalu dihubungkan dengan peningkatan sensitivitas insulin, membantu mengatur kadar gula darah. Kadar gula darah yang stabil bisa mengurangi keinginan ngemil dan makan berlebih, sehingga meningkatkan berat badan yang lebih sehat.

5. Menjaga Kesehatan Usus

Lagi-lagi dibuktikan oleh penelitian bahwa kelor bisa membantu meningkatkan laju metabolisme, sehingga bisa berkontribusi pada manajemen berat badan.

Jika tingkat metabolisme tubuh tinggi, berarti tubuh bisa membakar kalori dengan lebih efisien. Kelor kaya akan kandungan serat yang bisa membuat kenyang lebih lama.

Selain itu makanan tinggi serat juga dapat mengontrol nafsu makan, sehingga mengurangi kemungkinan makanan berlebihan.

Daun kelor mengandung senyawa dengan sifat anti- inflamasi dan antibakteri, yang bisa mendukung kesehatan sistem pencernaan.

Saluran pencernaan yang berfungsi dengan baik sangatlah penting untuk penyerapan nutrisi dan kesehatan secara keseluruhan.

 

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru