Selasa, Februari 27, 2024
spot_img

Asal Usul Masjid Al Aqsa yang Diperebutkan oleh Israel dan Palestina 

Ragam, Lokacita: Masjid Al Aqsa adalah masjid yang diperebutkan oleh Israel dan Palestina hingga saat ini. bahkan perebutan tempat suci ini memicu perang yang tak kunjung selesai hingga saat ini. Lantas, bagaimana asal-usulnya dan apa keistimewaan dari Masjid Al Aqsa?

Seperti yang diketahui, Masjid Al Aqsa adalah tempat ibadah suci umat Islam. Masjid ini namanya terekam di dalam Al Quran, dalam sebuah peristiwa Isra dan Miraj Nabi Muhammad SAW dalam surah Al-Isra : 1.

Selain diyakini sebagai tempat Miraj Nabi Muhammad, masjid ini juga pernah digunakan sebagai kiblat kaum Muslim selama 16 bulan.

Beberapa ulama meyakini jika asal usul masjid ini dibangun pertama kali oleh Nabi Adam AS dan Nabi Ibrahim AS atas izin Allah SWT. Kemudian diteruskan oleh Nabi Sulaiman, sehingga menjadi sebuah masjid yang besar, kuat, dan indah seperti saat ini.

Perlu diketahui, masjid Al Aqsa telah mengalami beberapa kali renovasi. Tapi kini, masjid ini sudah sangat indah dan memiliki ukuran dua kali lebih luas dari ukuran semula.

Menariknya, masjid ini tak hanya dikhususkan untuk umat Islam, tetapi juga kerap digunakan bagi umat Yahudi dan Kristen. Mengalami pasang surut budaya, masjid ini diawali dengan sejarah penuh peperangan.

Tapi kota ini kembali direbut oleh Umar dari genggaman umat Kristen. Walaupun Islam berhasil menguasai Jerusalem, umat Nasrani masih tetap aman tinggal di wilayah tersebut lantaran kehidupannya terjamin oleh pimpinan Islam yang berkuasa saat itu.

Hingga saat ini template Kuil Agung diidentifikasi oleh umat Muslim sebagai tempat Nabi Muhammad SAW naik ke langit saat perjalanannya dalam Miraj menghadap Allah SWT.

Pada masanya, wilayah pemukiman ini berkembang dengan sangat pesat. Bahkan populasi penduduk kian bertambah. Tetapi peran penting Jerusalem hanyalah sebatas kota religi bagi para peziarah.

Bahkan dinasti yang berkuasa pada saat itu memperbolehkan orang-orang Yahudi terusir untuk kembali ke tanah Jerusalem.

Akibatnya kaum Yahudi bertambah berlipat-lipat. Jadi tak heran jika Masjid Al Aqsa dijuluki sebagai kota suci bagi tiga agama, yakni Yahudi, Kristen dan Islam.

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru