Rabu, Februari 28, 2024
spot_img

Daftar Negara Asia yang Resmi Ganti Nama Negara, Berefek ke Prestasi Tim Nasional?

Ragam, Lokacita: Setidaknya ada 5 negara Asia yang resmi berganti nama negaranya. Apakah pergantian nama negara ini akan berdampak pada prestasi tim nasional sepak bola?

Ya, beberapa negara Asia sudah berganti nama. Ada beberapa faktor yang melatarbelakangi perubahan nama tersebut, mulai dari perang, kemerdekaan, pemisahan negara dan masih banyak lagi.

Lantas, apakah perubahan nama ini mempengaruhi kondisi di negara ini? Lalu bagaimana dengan prestasi tim nasional negara-negara tersebut saat ini di dunia sepakbola? Mari menilik bersama 5 negara Asia yang resmi ganti nama negara.

1. Persia

Persia menjadi salah satu negara Asia yang resmi ganti nama negara adalah Persia. Kemudian Persia menjadi satu ini kini dikenal dengan Iran.

Perubahan nama resmi negara ini terjadi sebelum Maret 1935. Saat itu, pemerintah Iran meminta negara-negara yang memiliki hubungan diplomatik untuk menyebut Persia sebagai Iran.

Apa saja prestasi timnas Iran saat ini? Berdasarkan ranking FIFA, timnas Iran kini berada di peringkat 21 dunia. Tak heran, menjadi salah satu negara terkuat di Asia bahkan dunia. Di tingkat Asia, Iran menempati posisi kedua, tepat di belakang Jepang (17).

2. Kampuchea

Lalu ada Kampuchea. Negara ini berasal dari Asia Tenggara. Kini Negara ini telah berganti nama menjadi Kamboja. Faktanya, Negara ini sempat beberapa kali berganti nama sebelum menjadi Kamboja.

Hal ini terjadi antara tahun 1953 dan 1970. Sebelum Kamboja, negara ini juga dikenal sebagai Republik Khmer.

Soal prestasi timnas, Kamboja tidak cukup menonjol dibandingkan Iran. Mereka bahkan turun peringkat FIFA karena hanya berada di peringkat 179.

3. Burma

Masih dari Asia Tenggara, sekarang Burma. Negara ini pun berganti nama menjadi Myanmar. Pergantian nama terjadi setelah berdirinya Junta militer pada tahun 1989.

Dari segi prestasi yang diraih timnas, Myanmar juga tidak terlalu impresif. Namun dibandingkan Kamboja, posisi mereka di peringkat FIFA jauh lebih baik karena kini berada di peringkat 162.

4. Ceylon

Lalu ada Ceylon, yang sekarang lebih dikenal sebagai Sri Lanka. Dengan melakukan perubahan nama negara ini terjadi setelah kemerdekaan.

Melihat rekam jejak tim Sri Lanka, mereka belum mampu melaju dengan baik. Rupanya, timnas Sri Lanka hanya menempati peringkat 204 FIFA.

5. Siam

Negara ini kini telah berganti nama menjadi Thailand. Sejak tahun 1939, terjadi perubahan berdasarkan gagasan Plaek Phibunsongkhram yang menjabat perdana menteri saat itu.

Raja yang memerintah saat itu kemudian mengubah nama Thailand menjadi Siam. Hal itu dilakukan setelah sistem pemerintahan negaranya berubah menjadi monarki konstitusional.

Kini di dunia sepak bola, timnas Thailand sendiri merupakan salah satu tim terkuat di Asia Tenggara. Mereka kini berada di peringkat 113 dunia, unggul jauh dari Indonesia yang berada di peringkat 146.

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru