Minggu, Juni 16, 2024
spot_img

Fenomena Gerhana Bulan Di Indonesia, Simak Jadwal Dan Wilayah Yang Terdampak!

Ragam, Lokacita: Sebentar lagi masyarakat Indonesia akan menyaksikan fenomena gerhana bulan Sebagian. Bagi Anda yang penasaran dan ingin melihatnya, Simak jadwal dan wilayah yang terdampak gerhana bulan selengkapnya di sini!

Melalui laman Instagram milik Badan Riset dan Inovasi (BRIN) mengungkapkan jika fenomena gerhana bulan sebagian atau gerhana bulan Parsial akan terjadi pada hari Minggu, 29 Oktober 2023. Untuk lama durasi berlangsungnya gerhana bulan ini adalah 4 jam 28 menit 10 detik.

BMKG menjelaskan jika fenomena ini parsial terjadi ketika bulan melalui sebagian bayangan bumi. Fenomena ini merupakan salah satu akibat dinamis karena adanya pergerakan posisi matahari.

Bagi masyarakat Indonesia, fenomena ini dapat dinikmati di beberapa wilayah, khususnya Sebagian besar wilayah Papua dan Maluku yang akan mendapat gerhana bulan dari awal hingga berakhirnya bulan terbenam. Selain itu beberapa wilayah lain seperti Sulawesi, NTT, NTB, Bali, Kalimantan, DI Yogyakarta, hingga Jawa juga mendapati fenomena gerhana bulan dari awal hingga akhir.

Sementara untuk beberapa wilayah lain seperti DKI Jakarta, Lampung, Sumatera, dan Aceh akan dapat mengamati gerhana bulan dari awal hingga akhir. Berikut fase gerhana bulan yang akan terjadi pada 29 Oktober 2023 mendatang.

1. Gerhana dimulai pada pukul 01.00 WIB, 02.00 WITA, 03.00 WIT

2. Gerhana Sebagian pada pukul 02.34 WIB, 03.34 WITA, 04.34 WIT

3. Puncak pada pukul 03.14 WIB, 04.14 WIB, 05.14 WIB

4. Berakhir pada pukul 05.28 WIB, 06.28 WITA, 07.28 WIT

Tak hanya di Indonesia, fenomena gerhana ini juga akan terlihat di seluruh wilayah seperti Eropa, Asia, Afrika, hingga bagian Barat Australia. Ketika gerhana bulan sedang berada di puncak, biasanya bulan akan terlihat berwarna gelap, coklat, merah, dan tembaga.

Bagi masyarakat Indonesia yang ingin menikmati fenomena gerhana bulan ini, jangan lupa untuk mencatat jadwalnya yah! Sebab saat bulan mulai gelap sebagian hanya akan berlangsung selama 1 jam 17 menit saja.

EditorNuryanti

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru