Selasa, Juni 18, 2024
spot_img

Prediksi BMKG: November Mulai Hujan Singkirkan Cuaca Panas 

Ragam, Lokacita: Prediksi BMKG Indonesia akan memasuki musim hujan di bulan November mendatang. BMKG juga mewanti-wanti jika curah hujan yang akan terjadi bisa saja sangat lebat dan ekstrem.

Dwikorita Karnawati selaku kepala BMKG mengatakan jika El Nino yang menjadi penyebab musim kemarau di Indonesia terjadi hingga Maret 2024 mendatang. Walaupun begitu, angin yang membawa hujan dari dataran Asia akan tergantikan angin kering yang berasal dari Australia.

Sementara itu prediksi BMKG Indonesia juga menyatakan jika musim hujan akan dimulai pada bulan November 2023 mendatang, Tetapi tidak menutup kemungkinan jika di beberapa wilayah Indonesua telah memasuki musim hujan lebih dulu di bulan Oktober ini.

Lebih lanjut, Dwikorita juga memprediksi jika curah hujan yang akan terjadi normal. Tetapi ia juga tetap memperingatkan masyarakat akan curah hujan yang lebat agar tetap waspada. Serta mewanti-wanti masyarakat untuk mengantisipasi terjadi banjir dengan cara membersihkan saluran air di sekitar.

Penyebab Cuaca Panas

Seperti yang diketahui, saat ini Indonesia sedang mengalami musim panas yang sangat luar biasa, bahkan di sejumlah daerah mencapai hingga suhu 40 derajat celcius. Adapun penyebab dari suhu panas ini dipicu oleh kondisi dinamika atmosfer terkait kondisi cerah dan minimnya pertumbuhan awan.

Kondisi inilah yang menjadi penyababnya, karena penyinaran matahari di siang hari ke permukaan bumi tidak mengalami hambatan oleh awan di atmosfer. Jadi suhu di siang hari akan terasa sangat panas dan terik.

Prediksi BMKG juga menjelaskan jika di beberapa daerah mengalami peningkatan suhu panas. Terutama di wilayah Jawa dan Nusa Tenggara yang mendapat pengaruh yang relative lebih intens daripada wilayah lainnya. Adapun penyebab dari peningkatan suhu disebabkan oleh beberapa faktor yakni, tutupan awan, tingkat kelembapan udara, dan kecepatan angin yang berhembus.

Oleh karena BMKG juga selalu menghimbau masyarakat untuk selalu menjaga kondisi tubuh dan cukupi kebutuhan harian cairan tubuh agar tubuh tetap fit. Terlebih lagi bagi warga yang selalu beraktivitas di luar ruangan saat siang hari, agar tidak dehidrasi, lelah, dan terkena dampak buruk lainnya.

EditorDewi F

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru