Rabu, Februari 28, 2024
spot_img

Sedang Batuk, Hindari 3 Makanan Ini, Simak Penjelasan

Ragam, Lokacita: Sedang batuk, hindari tiga makanan ini agar batuk tidak semakin parah. Saat ini kondisi cuaca di Indonesia memang sedang tidak menentu, terkadang panas dan juga terkadang hujan.

Mengalami flu akibat cuaca memang hal normal apalagi disertai batuk. Hal ini merupakan reaksi tubuh untuk membersihkan saluran pernapasan.

Tidak hanya cuaca yang dapat menyebabkan seseorang batuk dan flu. Faktor mengonsumsi makanan juga dapat memicu batuk menjadi sukar sembuh.

Oleh karena itu, ada tiga makanan yang harus dihindari saat batuk agar segera sembuh yang dilansir dari laman kesehatan.

Makanan-makanan Pedas

Mengonsumsi makanan-makanan yang pedas dapat menambah nafsu makan seseorang. Namun, saat batuk menyerang lebih baik menghindari makanan yang pedas.

Dalam makanan pedas terdapat zat kapsaisin yang merangsang reseptor pada mulut serta tenggorokan yang memicu iritasi atau sensasi terbakar.

Saat seseorang sedang batuk, zat dalam makanan-makanan pedas ini membuat tenggorokan tidak nyaman karena sensitif dan mudah iritasi.

Makanan yang Digoreng

Gorengan atau makanan yang digoreng memang menjadi makanan yang seringkali dikonsumsi berbagai kalangan.

Sayangnya, makanan yang digoreng ini terdapat trans lemak dan lemak jenuh yang tinggi. Menurut para ahli, lemak yang tinggi dapat memicu peradangan dalam tubuh.

Ketika sedang batuk, lemak jenuh ini memicu produksi ekstra lendir dalam saluran pernapasan. Hal ini membuat batuk sukar untuk sembuh.

Makanan-Makanan Manis

Makanan-makanan manis memang digemari oleh sebagian besar masyarakat. Makanan yang mengandung gula tinggi ini memang seringkali dikonsumsi, seperti coklat, martabak, dan kue.

Saat mengonsumsi makanan yang memiliki kadar gula tinggi tentu saja mempunyai dampak yang tidak baik untuk tubuh.

Baca Juga: Pelatih Brazil di Piala Dunia U-17 Kagum dengan Jakarta International Stadium

Ketika seseorang batuk dan mengonsumsi makanan yang manis dapat menghambat tubuh untuk melawan infeksi yang menyebabkan batuk. Mengonsumsi makanan manis tentu dapat memicu peradangan yang sukar sembuh.

Oleh karena itu, menghindari beberapa makanan-makanan yang sudah dijelaskan sebelumnya wajib dicoba.

Hal ini untuk mengurangi peradangan atau iritasi yang terjadi saat mengalami batuk. Mengurangi makanan yang terlalu manis, makanan yang digoreng, dan makanan pedas dapat membantu menyembuhkan batuk secara perlahan-lahan.

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru