Kamis, Mei 23, 2024
spot_img

Segera Hindari! Dua Gaya Hidup yang Tidak Baik untuk Kesehatan Usus

Ragam, Lokacita: Segera hindari, dua gaya hidup yang tidak baik untuk kesehatan usus. Dalam organ manusia, usus memiliki peran yang penting karena turut membantu dalam proses pencernaan.

Melansir dari berbagai laman kesehatan, ada 300 sampai dengan 500 spesises bakteri yang hidup dalam usus, salah satunya yang membantu mencerna makanan.

Selain membantu proses pencernaan, bakteri dalam usus turut juga berperan mencegah infeksi dan peradangan yang terjadi pada tubuh.

Oleh karena itu usus dalam tubuh perlu dijaga kesehatannya. Melansir dari berbagai laman kesehatan ada dua gaya hidup yang tidak baik untuk kesehatan usus.

Mengonsumsi Alkohol

Menurut para peneliti, seseorang yang sering mengonsumsi alkohol dapat memicu kesehatan pada usus. Alkohol mempunyai dampak negatif pada bakteri baik usus karena
dapat memunculkan bakteri jahat.

Mengonsumsi alkohol terlalu sering juga dapat memicu penyakit kardiovaskular. Oleh karena itu, gaya hidup mengonsumsi alkohol memang sebaiknya dihindari dan dikurangi karena tidak baik untuk kesehatan usus serta tubuh.

Mengonsumsi Daging Merah

Daging merah ternyata dapat memicu pertumbuhan bakteri yang berbahaya yang menyebabkan penyumbatan arteri.

Menurut para ahli hal ini karena dalam daging merah terdapat suatu senyawa yang apabila berinteraksi dengan bakteri usus akan membentuk suatu bakteri yang berbahaya.

Tidak hanya itu, para peneliti juga mengatakan bahwa mengonsumsi daging merah bukan hanya berhubungan dengan penyakit jantung saja, tetapi interaksi antara bakteri usus dengan senyawa dari daging merah yang berbahaya pada kesehatan usus.

Oleh karena itu, daging merah memang boleh dikonsumsi hanya tidak boleh terlalu sering. Apabila tidak bisa lepas dari daging merah, dapat mengganti daging merah dengan ikan berlemak, ayam, dan protein nabati seperti tahu dan tempe..

Selain itu, pilihlah daging merah yang potongannya yang lebih ramping, seperti loin, round, dan sirloin.

Kesehatan usus memang penting untuk dijaga karena berperan dalam proses pencernaan. Oleh sebab itu, gaya hidup yang tidak baik hendaknya dihindari ataupun tidak dilakukan sama sekali.

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait

Cara Merawat dan Menjaga Daerah Kewanitaan

Beragam Jus Buah Untuk Menjaga Kesehatan

Wajib Tau! Ini Tanda-tanda Penyakit Katarak

- Advertisment -spot_img

Terbaru