Sabtu, Mei 18, 2024
spot_img

Tak Banyak Orang Tahu, Inilah 5 Manfaat Olahraga Renang Untuk Balita

Ragam, Lokacita: Berenang bukan hanya aktivitas menyenangkan bagi balita, tapi juga olahraga dengan segudang manfaat. Dengan bermain air, anak akan berlatih berani dan aktif. Namun selain itu ada berbagai manfaat yang dapat diperoleh dengan berenang. Simak beberapa manfaat olahraga renang untuk balita pada ulasan ini!

Orang Tua Wajib Tahu, Ini Manfaat Ajari Anak Berenang Sejak Dini

Terkadang para orang tua merasa takut untuk mengajari anak berenang sejak dini karena berbagai alasan. Mulai dari anak tidak siap, takut tenggelam, tersedak atau bahkan anak merasa trauma dengan air.

Hal itu bisa saja terjadi jika latihan yang diajarkan salah. Namun dengan teknik yang tepat, terdapat segudang manfaat yang bisa buah hati rasakan. Berikut ringkasannya:

1. Meningkatkan Kemampuan Motorik

Manfaat olahraga renang untuk balita diantaranya melatih otot, meningkatkan koordinasi dan keseimbangan, serta memperkuat tulang dan sendi balita. Melawan air saat berenang membantu mengembangkan kemampuan motorik kasar dan halus. Hal ini secara tidak langsung akan membantu anak menjadi lincah dan cepat respon.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung dan Paru-paru

Sebagai olahraga kardiovaskular, berenang meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru balita. Aktivitas ini juga meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh anak-anak. Jantung dan paru-paru haruslah dilatih sehingga kinerjanya menjadi baik, latihan yang direkomendasikan salah satunya dengan berenang.

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat olahraga renang untuk balita yang kalah penting lainnya adalah membantu balita merasa lebih lelah dan rileks, sehingga meningkatkan kualitas tidur. Tidur yang cukup penting untuk pertumbuhan dan perkembangan balita. Jika anak rewel cobalah terapi berenang pada anak untuk membiasakan pola tidur yang berkualitas dan teratur.

4. Meningkatkan Nafsu Makan

Pembakaran kalori berlangsung lebih cepat ketika berenang. Hal yang demikian dapat terjadi akibat seluruh bagian tubuh bergerak ketika berenang, mulai dari kepala, kaki, tangan, tanpa ada yang terlewatkan.

Dengan proses pembakaran kalori yang cepat, maka rasa lapar pada anak akan lebih mudah muncul. Dari sini ibu yang kesulitan menangani anak tidak mau makan berpeluang untuk memperbaikinya.

5. Meningkatkan Kemampuan Berpikir

Berenang membantu menstimulasi perkembangan otak balita dan meningkatkan kemampuan berpikir. Anak-anak yang memperoleh kemampuan berenang dapat memutuskan dengan bijak cara membuat diri mereka aman meskipun dalam kondisi terdesak.

Olahraga renang melatih pergerakan tangan dan kaki, artinya membuat otak bayi bekerja secara bersamaan. Otak kanan dan otak kiri akan bekerja sama untuk membuat bayi mengenali air dan cara agar dapat mengapung. Hal ini baik untuk melatih kemampuan berpikir.

Manfaat berenang yang beragam ini mampu mendukung perkembangan balita. Para orang tua haruslah bijak dalam memilih olahraga yang tepat bagi bayi agar tumbuh kembangnya dapat berjalan dengan baik. Deretan manfaat olahraga renang untuk balita di atas, cukup memberikan pengetahuan baru yang bisa orang tua pertimbangkan.

EditorHilmi

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait

Cara Merawat dan Menjaga Daerah Kewanitaan

Beragam Jus Buah Untuk Menjaga Kesehatan

Wajib Tau! Ini Tanda-tanda Penyakit Katarak

- Advertisment -spot_img

Terbaru