Rabu, Februari 28, 2024
spot_img

Terkena Sembelit? Cobalah 4 Makanan ini, Bagus Meringankan Masalah Sembelit

Ragam, Lokacita: Menurut para ahli, seseorang yang mengalami sembelit tidak perlu khawatir, ada beberapa makanan terbaik untuk melancarkan buang air besar dan meringankan rasa sakit dari sembelit.

Melansir dari laman kesehatan terdapat empat makanan yang bagus untuk meringankan masalah sembelit.

Mengonsumsi Kacang Kenari

Ketika mengalami sembelit, kacang kenari bisa menjadi alternatif makanan yang wajib untuk dikonsumsi. Menurut para peneliti, satu cangkir kacang kenari memiliki delapan gram serat.

Selain mengandung serat, kacang kenari juga memiliki kadar asam lemak omega tiga yang tinggi yang dapat meredakan sembelit dengan cara melumasi dinding usus. Hal ini dapat membuat tinja lebih mudah keluar.

Mengonsumsi Beras Merah

Beras merah ternyata dapat menjadi makanan alternatif lainnya untuk mengatasi sembelit. Pada beras merah terdapat kandungan serat yang tinggi yang berbeda dengan beras putih.

Menurut para peneliti, satu cangkir nasi merah yang sudah matang memiliki tiga gram serat yang baik untuk mengobati sembelit.

Mengonsumsi Kedelai

Satu cangkir kedelai menjadi makanan yang cocok dikonsumsi saat seseorang mengalami sembelit. Ternyata terdapat tujuh belas gram serat pada satu cangkir kedelai.

Hal ini tentu saja baik untuk mengatasi sembelit. Cara mengonsumsi kedelai harus di masak ataupun di rebus agar kandungan serat tetap terjaga.

Namun, menurut para peneliti susu kedelai tidak dapat mengatasi sembelit. Hal ini karena serat yang terdapat pada kedelai sudah hilang saat proses pembuatan susu kedelai.

Mengonsumsi Biji Chia

Biji Chia ternyata dapat meringankan sakit ketika sembelit. Cara mengonsumsi biji chia dengan cara mencampurkan biji chia ke dalam selai, salad, puding, dan smoothie.

Ternyata biji chia mengandung serat yang cukup tinggi yang baik untuk mengatasi masalah sembelit. Tidak hanya itu, pada biji chia juga terdapat asam lemak serta omega tiga, dan antioksidan yang tinggi. Hal ini baik untuk pencernaan.

Oleh karena itu, saat mengalami sembelit tidak perlu khawatir karena terdapat makanan-makanan yang dapat meringankan masalah sembelit.

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru