Sabtu, Juni 22, 2024
spot_img

Tutorial Menghilangkan Bau Amis Cumi-Cumi

Ragam, Lokacita: Cumi-cumi adalah makanan laut yang lezat dan bergizi, namun terkadang bau amis yang kuat dapat mengganggu selera, bahkan membuatnya kurang sedap untuk dinikmati.

Untungnya, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan bau amis pada cumi-cumi. Berikut adalah beberapa tips ampuh yang dapat Anda coba:

1. Bersihkan dengan Baik

Sebelum memasak cumi-cumi, pastikan untuk membersihkannya dengan baik. Buang isi perut cumi-cumi dan bilas dengan air dingin untuk menghilangkan sisa lendir dan kotoran yang menempel pada permukaannya.

2. Rendam dengan Air Lemon atau Cuka

Rendam cumi-cumi dalam campuran air lemon atau cuka selama beberapa menit sebelum dimasak. Asam dalam air lemon atau cuka akan membantu menghilangkan bau amis dan memberikan rasa yang segar pada cumi-cumi.

3. Gunakan Air Garam

Rendam cumi-cumi dalam air garam selama beberapa menit sebelum dimasak. Garam akan membantu menetralkan bau amis dan memberikan rasa yang lebih lezat pada cumi-cumi.

4. Perendaman dengan Susu

Rendam cumi-cumi dalam susu selama beberapa jam sebelum dimasak. Susu akan membantu menghilangkan bau amis dan memberikan tekstur yang lembut pada cumi-cumi.

5. Tambahkan Bahan Aromatik

Saute atau tumis cumi-cumi dengan bawang putih, bawang merah, atau rempah-rempah seperti jahe atau serai. Bahan aromatik ini akan membantu menutupi bau amis dan memberikan aroma yang sedap pada cumi-cumi.

6. Hindari Overcooking

Hindari mengolah cumi-cumi terlalu lama atau terlalu panas, karena hal ini dapat membuat dagingnya menjadi keras dan mengeluarkan bau amis yang lebih kuat. Masak cumi-cumi hanya sampai matang dengan sempurna untuk mempertahankan kelembutan dan rasa alaminya.

7. Tambahkan Bahan Pelengkap

Jika Anda masih merasakan bau amis pada cumi-cumi, cobalah menambahkan bahan pelengkap seperti saus tomat, saus tiram, atau saus pedas untuk menambahkan rasa yang lebih kompleks dan menutupi bau amisnya.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat dengan mudah menghilangkan bau amis pada cumi-cumi dan membuatnya menjadi hidangan yang lezat.

Cumi-cumi sangat menyenangkan untuk dinikmati bersama keluarga dan teman-teman Anda. Selamat mencoba trik diatas semoga berhasil!

EditorHilmi

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru