Jumat, Juni 21, 2024
spot_img

Wajib Tau! Ini Tanda-tanda Penyakit Katarak

Ragam, Lokacita: Katarak adalah kondisi medis yang umum terjadi pada usia lanjut dan dapat mempengaruhi kualitas penglihatan. Kondisi ini terjadi ketika lensa mata yang biasanya jernih menjadi keruh, menyebabkan penglihatan menjadi kabur atau buram.

Mengenali tanda-tanda katarak adalah langkah penting untuk mendeteksinya secara dini dan mencari perawatan yang sesuai. Berikut adalah beberapa tanda-tanda utama yang perlu diperhatikan:

1. Penglihatan Kabur atau Buram

Penglihatan yang kabur atau buram adalah tanda khas dari katarak. Anda mungkin merasa kesulitan untuk melihat objek dengan jelas, terutama dalam kondisi cahaya yang redup atau saat Anda berada di bawah sinar matahari.

2. Penglihatan Terdistorsi

Katarak dapat menyebabkan distorsi visual, seperti melihat objek ganda, siluet, atau cahaya yang menyilaukan. Anda mungkin juga merasa bahwa warna-warna terlihat pudar atau kurang tajam dari biasanya.

3. Sensitivitas Terhadap Cahaya

Orang yang mengalami katarak mungkin merasa lebih sensitif terhadap cahaya terang, seperti sinar matahari langsung atau lampu sorot. Sensasi silau atau ketidaknyamanan saat terkena cahaya dapat menjadi tanda awal dari katarak.

4. Penglihatan Malam yang Buruk
Katarak dapat mempengaruhi kemampuan Anda untuk melihat dengan jelas pada malam hari atau dalam kondisi cahaya yang redup. Anda mungkin merasa kesulitan untuk melihat objek atau rincian dengan jelas ketika pencahayaan rendah.

5. Perubahan dalam Penglihatan Warna

Perubahan dalam persepsi warna, seperti warna yang terlihat lebih pudar atau kurang terang dari biasanya, juga dapat menjadi tanda katarak. Ini terjadi karena keruhnya lensa mata mengganggu pemrosesan warna oleh mata.

6. Peningkatan Ketergantungan pada Kacamata atau Lensa Kontak

Orang yang mengalami katarak mungkin merasa bahwa resep kacamata atau lensa kontak mereka tidak lagi memberikan hasil yang memuaskan. Ini karena katarak menyebabkan perubahan dalam cara mata memfokuskan cahaya.

7. Pembentukan “Halo” Disekitar Cahaya

Pada beberapa kasus, orang yang mengalami katarak dapat melihat “halo” di sekitar lampu atau sumber cahaya. Hal ini terjadi karena lensa yang keruh membiaskan cahaya dengan cara yang tidak normal.

Jika Anda mengalami salah satu atau beberapa tanda-tanda di atas, penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter mata untuk evaluasi dan perawatan lebih lanjut.

Meskipun katarak umumnya dapat diobati dengan pembedahan, deteksi dini dapat membantu mencegah penurunan penglihatan yang lebih lanjut dan meningkatkan hasil pengobatan.

EditorHilmi

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru