Sabtu, Mei 18, 2024
spot_img

Fenomena Panas Berkepanjangan, ASN Kota Bandung Melaksanakan Salat Istisqa

Daerah, Lokacita: Fenomena panas berkepanjangan ini memang membuat sebagian besar daerah di Indonesia mengalami kekeringan dan suhu udara panas yang tinggi. Berbagai cara yang dilakukan daerah-daerah untuk mengatasi fenomena panas berkepanjangan ini.

Salah satunya, para ASN Kota Bandung yang melaksanakan Salat Istisqa. Hal ini ternyata dilakukan di Plaza Balai Kota Bandung, pada Senin, 9 Oktober 2023 secara berjamaah.

Melansir dari portal resmi jabarprov.go.id, para Pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bandung, Asep Ismail menjelaskan tata cara untuk Salat Istisqa. Tidak hanya itu, Asep Ismail turut memberitahukan para ASN yang turut ikut Salat Istisqa harus memperbanyak istigfar dan sedekah.

“Kita semua memohon ampun kepada Allah, Insyaallah Allah akan menurunkan hujan yang lebat kepada kita,” kata Asep Ismail.

Setelah melakukan Salat Istisqa selesai, Ema Sumarna, Sekretaris Daerah Kota Bandung mengatakan alasan dilakukan Salat Istisqa bersama para ASN ini salah satu usaha meminta hujan kepada Allah di tengah panas berkepanjangan ini.

“Kita memohon ampun kepada Allah apabila banyak dosa serta kesalahan yang dilakukan. Perbanyak sedekah juga kepada orang-orang yang kurang mampu. Tidak hanya itu, saat musim ini banyak orang yang menderita karena kesulitan air. Padahal air hal yang penting untuk semua hal yang kita lakukan,” ujarnya kembali.

Sekretaris Daerah Kota Bandung ini mengakui bahwa kekeringan yang terjadi di Bandung sangat membuat kewalahan karena air baku sangat terbatas saat ini.

Tidak hanya itu, Ema Sumarna juga mengimbau kepada masyarakat selalu waspada dikondisi saat ini, seperti kebakaran. Bencana lain di musim kemarau selain kekeringan, kebakaran pun mudah terjadi karena panas yang berkepanjangan.

” Selama musim kemarau ini, ada beberapa tempat yang sudah ada kasus kebakaran, seperti di Pasar Kosambi. Namun, tidak perlu cemas karena Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana sudah mengatasi hal tersebut,” ujarnya kembali.

Menurut Ema Sumarna, masyarakat saat ini juga wajib meningkatkan kewaspadaan terhadap kebakaran yang seringkali terjadi saat musim panas.

EditorDewi F

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru