Minggu, Juni 16, 2024
spot_img

3 Derby Terpanas Spanyol, Ternyata Ada Dari Madrid

Olahraga, Lokacita: Derby terpanas Spanyol, menjadi salah satu hal yang paling dijunjung oleh warga Spanyol dibanding dengan diri mereka sendiri. Tidak hanya di Inggris, Spanyol juga memiliki beberapa derby kota yang mendapat perhatian internasional.

Ada Derby Madrid yang sangat bergengsi, Derby Basque dengan rivalitas historis antar tim, dan Derby Sevilla yang selalu menjadi pertandingan panas. Selain itu, siapa sajakah derby terpanas spanyol yang menjadi kebanggaan warga spanyol?

Daftar Derby Terpanas Spanyol Saat Ini

Dalam sejarah sepakbola Spanyol, selalu ada derby terpanas Spanyol yang menjadi sorotan bagi warga Spanyol. Beberapa derby tersebut adalah sebagai berikut.

Real Madrid Vs Atletico Madrid

Derby Madrid, yang merupakan pertandingan antara Real Madrid dan Atletico Madrid, adalah salah satu yang paling menonjol di Spanyol. Persaingan ini telah menjadi sangat sengit selama lebih dari 15 tahun terakhir, tidak hanya dalam kompetisi domestik tetapi juga di tingkat Eropa.

Selama tahun 2000 hingga 2010, Real Madrid (dikenal sebagai Los Blancos) mendominasi Derby Madrid, tetapi kemudian pada tahun 2010, kehadiran Diego Simeone sebagai pelatih Atletico Madrid mengubah dinamika persaingan ini. Derby ibu kota Spanyol ini menjadi semakin panas dan kompetitif.

Prestasi luar biasa Atletico Madrid (juga dikenal sebagai Los Rojiblancos) terwujud dengan pertandingan Derby Madrid yang dramatis dalam dua final Liga Champions pada tahun 2014 dan 2016.

Dari total 233 pertemuan kedua tim, Real Madrid unggul dengan 115 kemenangan, sementara Atletico mencatatkan 58 kemenangan. Ini menjadikan Derby Madrid sebagai salah satu pertandingan paling ikonik di dunia sepak bola.

Athletic Bilbao Vs Real Sociedad

Derby Basque, yang melibatkan persaingan antara Athletic Bilbao dan Real Sociedad, adalah salah satu yang paling terkenal di Spanyol. Derby ini unik karena melibatkan dua tim dari wilayah Basque yang memiliki prinsip transfer khusus untuk pemain asal Basque.

Namun, meskipun persaingan ini dikenal sebagai “bersahabat,” unsur-unsur lokal menjadi ciri khas yang menarik. Para penggemar kedua tim sering berbaur dan berbagi minuman sebelum pertandingan di stadion. Ini menciptakan atmosfer unik di mana rivalitas tetap hidup meskipun ada elemen persahabatan.

Sementara Athletic Bilbao mempertahankan prinsip kebijakan transfer “khusus Basque” mereka, Real Sociedad mengubah pendekatan ini pada tahun 1989 dengan merekrut pemain seperti John Aldridge yang bukan berasal dari Basque.

Salah satu momen paling intens dalam sejarah derby ini terjadi dalam final Copa del Rey 2020, di mana Real Sociedad berhasil mengalahkan Athletic Bilbao dengan skor tipis 1-0, menciptakan kenangan yang berkesan dalam rivalitas mereka.

Barcelona Vs Espanyol

Dikenal sebagai Derby Catalan atau Derby Barceloni, pertarungan antara Barcelona dan Espanyol adalah salah satu rivalitas paling berat di dunia sepakbola Eropa, di mana Barcelona, yang juga dikenal sebagai Blaugrana, seringkali menjadi kekuatan yang dominan.

Namun, dalam rivalitas ini, kesalahan Barcelona dalam derby sering kali menjadi kenangan pahit bagi mereka dan momen manis bagi Espanyol. Salah satu momen termanis bagi pendukung Espanyol bukanlah kemenangan, melainkan hasil imbang 2-2 di Camp Nou dalam pertandingan yang dikenal sebagai El Tamudazo.

Pada pertandingan ini, pada akhir musim 2006/07, Raul Tamudo mencetak dua gol yang menjadi penentu klasemen akhir. Hal ini membuat Blaugrana akhirnya finis kedua di belakang Real Madrid karena kalah dalam selisih gol.

EditorDodi S

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru